Pendampingan Pembelajaran Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mushala Teladan Ampang

Authors

  • Amertya Azahra Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nana Sepriyanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1022

Abstract

Tujuan pendampingan pembelajaran dengan metode jigsaw ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran di TPQ Mushala Teladan Ampang, kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (PAR) dengan langkah-langkah, pendidik membagi peserta didik menjadi 4-6 kelompok, guru memberikan materi yang berbeda kepada setiap kelompok, kelompok mengutus 1 orang pemimpin dan masing-masing anggota harus menguasai dan memahami materi yang diberikan oleh guru, setelah memahami maka  masing-masing kelompok harus menjelaskan materi yang diberikan oleh guru kepada kelompok lain dan kelompok penyimak harus memberikan pertanyaan kepada kelompok pemateri, kelompok pemateri menjawab pertanyaan dari kelompok penanya, setelah semuanya selesai maka dilakukan evaluasi oleh guru terhadap pembelajaran dengan metode jigsaw ini. Metode Jigsaw merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang mana mengajarkan siswa bertanggung jawab pada tugas masing-masing dan mengajarkan pada anggota kelompok lainnya, sehingga mampu memahami materi pelajaran secara berkelompok. Hasil dari pengabdian ini (1) siswa lebih paham terkait materi yang telah diajarkan dan antusias siswa yang meningkat dalam pembelajaran, metode ini siswa dituntut terlebih dahulu untuk memahami materi sebelum dijelaskan kepada kelompok lain, karena masing-masing siswa akan mendapatkan giliran untuk menjelaskan kepada kelompok lainnya. (2) meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran yang mana mereka lebih menitik beratkan untuk berdiskusi dalam kelompoknya.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Azahra, A. ., Kustati, M., & Sepriyanti, N. . (2024). Pendampingan Pembelajaran Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mushala Teladan Ampang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 483–489. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1022