Pelatihan Teknis Pembuatan Kuosioner Penelitian Melalui Aplikasi Google Form Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Penelitian Bagi Dosen Pemula Di Era Digital

Authors

  • Suriadi Suriadi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Mumu Muzayyin Maq Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Randi Randi UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Mila Karina Universitas Indraprasta PGRI
  • Rinovian Rais Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pelatihan teknis dalam pembuatan kuesioner penelitian melalui aplikasi Google Form untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian bagi dosen pemula di era digital. Metode pelatihan fokus pada pengembangan keterampilan teknis dalam merancang kuesioner yang valid dan reliabel menggunakan platform digital. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimental kepada sekelompok dosen pemula. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan teknis secara signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam merancang kuesioner, yang berpotensi meningkatkan kualitas penelitian mereka. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pelatihan teknis dalam mendukung dosen pemula dalam menghasilkan penelitian yang lebih berkualitas di era digital.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Suriadi, S., Maq, M. M. ., Randi, R., Karina, M. ., & Rais, R. . (2024). Pelatihan Teknis Pembuatan Kuosioner Penelitian Melalui Aplikasi Google Form Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Penelitian Bagi Dosen Pemula Di Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 538–544. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1069