Pelatihan Teknis Pembuatan Kuosioner Penelitian Melalui Aplikasi Google Form Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Penelitian Bagi Dosen Pemula Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1069Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pelatihan teknis dalam pembuatan kuesioner penelitian melalui aplikasi Google Form untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian bagi dosen pemula di era digital. Metode pelatihan fokus pada pengembangan keterampilan teknis dalam merancang kuesioner yang valid dan reliabel menggunakan platform digital. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimental kepada sekelompok dosen pemula. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan teknis secara signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam merancang kuesioner, yang berpotensi meningkatkan kualitas penelitian mereka. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pelatihan teknis dalam mendukung dosen pemula dalam menghasilkan penelitian yang lebih berkualitas di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suriadi, Mumu Muzayyin Maq, Randi, Mila Karina, Rinovian Rais

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).