Tantangan Pemahaman Mahasiswa Baru dalam Berinvestasi: Menyelami Perilaku Keuangan yang Bijak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1107Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para mahasiswa baru S1 Manajemen di UPNVJ mengenai bias-bias kognitif tersebut serta dampaknya dalam pengambilan keputusan. Dengan memahami berbagai bias kognitif ini, diharapkan para mahasiswa dapat menjadi lebih kritis, rasional, dan waspada dalam proses pengambilan keputusan mereka selama masa studi di UPNVJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggali pemahaman mendalam mengenai bias-bias kognitif dalam pengambilan keputusan keuangan di kalangan mahasiswa baru S1 Manajemen di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ). Metode utama yang digunakan untuk mengumpulkan data mengenai pemahaman dan pandangan mahasiswa terhadap bias kognitif dalam pengambilan keputusan adalah FGD. Hasil survei terhadap 32 responden menunjukkan bahwa sebelum diskusi, mayoritas responden (65.6%) tidak mengetahui konsep Bias Perilaku Keuangan dan 65.6% juga belum pernah mendengar tentang berbagai bias kognitif. Namun, setelah diskusi, pemahaman meningkat signifikan dengan 53.1% responden merasa sangat paham dan 46.9% cukup paham dengan konsep tersebut. Familiaritas dengan bias kognitif juga meningkat, dengan 40.6% merasa sangat familiar dan 37.5% cukup familiar. Mayoritas responden (87.5%) setuju bahwa pemahaman tentang bias perilaku keuangan membantu pengelolaan keuangan sehari-hari, dan setelah diskusi, 84.4% sangat setuju dengan manfaat tersebut. Pentingnya edukasi tentang bias perilaku keuangan diakui oleh 90.6% responden sebelum diskusi dan 71.9% setelahnya, menunjukkan efektivitas sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran responden.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aditya Saputra, Estrada Joseph Hasoloan Pasaribu, Rangga Aribawa, Ardhiani Fadilla, Sri Mulyantini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).