Tantangan Pemahaman Mahasiswa Baru dalam Berinvestasi: Menyelami Perilaku Keuangan yang Bijak

Authors

  • Aditya Saputra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Estrada Joseph Hasoloan Pasaribu Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Rangga Aribawa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Ardhiani Fadilla Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Sri Mulyantini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1107

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para mahasiswa baru S1 Manajemen di UPNVJ mengenai bias-bias kognitif tersebut serta dampaknya dalam pengambilan keputusan. Dengan memahami berbagai bias kognitif ini, diharapkan para mahasiswa dapat menjadi lebih kritis, rasional, dan waspada dalam proses pengambilan keputusan mereka selama masa studi di UPNVJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggali pemahaman mendalam mengenai bias-bias kognitif dalam pengambilan keputusan keuangan di kalangan mahasiswa baru S1 Manajemen di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ). Metode utama yang digunakan untuk mengumpulkan data mengenai pemahaman dan pandangan mahasiswa terhadap bias kognitif dalam pengambilan keputusan adalah FGD. Hasil survei terhadap 32 responden menunjukkan bahwa sebelum diskusi, mayoritas responden (65.6%) tidak mengetahui konsep Bias Perilaku Keuangan dan 65.6% juga belum pernah mendengar tentang berbagai bias kognitif. Namun, setelah diskusi, pemahaman meningkat signifikan dengan 53.1% responden merasa sangat paham dan 46.9% cukup paham dengan konsep tersebut. Familiaritas dengan bias kognitif juga meningkat, dengan 40.6% merasa sangat familiar dan 37.5% cukup familiar. Mayoritas responden (87.5%) setuju bahwa pemahaman tentang bias perilaku keuangan membantu pengelolaan keuangan sehari-hari, dan setelah diskusi, 84.4% sangat setuju dengan manfaat tersebut. Pentingnya edukasi tentang bias perilaku keuangan diakui oleh 90.6% responden sebelum diskusi dan 71.9% setelahnya, menunjukkan efektivitas sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran responden.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Saputra, A. ., Pasaribu, E. J. H. ., Aribawa, R., Fadilla, A. ., & Mulyantini, S. . (2024). Tantangan Pemahaman Mahasiswa Baru dalam Berinvestasi: Menyelami Perilaku Keuangan yang Bijak. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 642–654. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1107