Penyuluhan Tentang Pencegahan Hipertensi Pada Kehamilan Di Tempat Praktik Mandiri Bidan Kota Palembang Tahun 2024

Authors

  • Arie Anggraini UNIVERSITAS KADER BANGSA PALEMBANG
  • Sendy Pratiwi Rahmadhani Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Eka Rahmawati Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Reffi Dhamayanti Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Ahmad Arif Universitas Kader Bangsa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1132

Abstract

Hipertensi dalam kehamilan merupakan kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah pada masa kehamilan, hal ini menjadi salah satu penyebab utama penyumbang angka kesakitan dan kematian pada ibu dan bayi baru lahir diseluruh dunia (Kivelä et al., 2023). Menurut World Health Organization (WHO) terdapat sekitar satu miliyar penduduk dunia menderita hipertensi, dan angka ini akan meningkat pada tahun- tahun yang akan datang (WHO, 2014). Berdasarkan data dari Profil Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2021 terdapat sejumlah 7.389 angka kematian ibu dan pada tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 3.572 kasus, sedangkan di Sumatera Selatan pada tahun 2021 terdapat sejumlah 131 angka kematian ibu, dan pada 2022 mengalami penurunan menjadi 81 kasus dan 22 dari 81 kasus tersebut disebabkan oleh hipertensi dalam kehamilan, angka ini masih terhitung banyak dibandingkan dengan beberapa provinsi lain di Indonesia (Profil Kesehatan Indonesia, 2022). Kurangnya pengetahuan mengenai penyebab dan pencegahan terhadap hipertensi serta gejala dan tanda bahaya hipertensi itu sendiri belum banyak diketahu oleh banyak perempuan dan ibu hamil, oleh karena itu penulis menyusun satuan acara penyuluhan ini dengan judul “Penyuluhan tentang Pencegahan Hipertensi Pada Ibu Hamil di TPMB Nurachmi Kota Palembang 2024”

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Anggraini, A., Rahmadhani, S. P. ., Rahmawati, E. ., Dhamayanti, R. ., & Arif, A. . (2024). Penyuluhan Tentang Pencegahan Hipertensi Pada Kehamilan Di Tempat Praktik Mandiri Bidan Kota Palembang Tahun 2024. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 433–436. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1132