Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna 2023

Authors

  • Putri Fistyaning Army Politeknik Bintan Cakrawala
  • Indah Andesta Politeknik Bintan Cakrawala
  • Hetty Yulianti Sihite Politeknik Bintan Cakrawala
  • Ida Rahayu Politeknik Bintan Cakrawala
  • Laode Chandra Politeknik Bintan Cakrawala

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1138

Abstract

Pengembangan desa wisata bukan sekedar langkah kepariwisataan yang berkelanjutan,tetapi juga merupakan upaya konkret untuk memberdayakan masyarakat lokal dan melestarikan keberagaman alam serta budaya. Pelatihan pengembangan desa wisata di Kabupaten Natuna muncul sebagai solusi yang tidak hanya mengedepankan pertumbuhan ekonomi lokal, tetapi juga menghargai serta melestarikan warisan budaya dan lingkungan. , terdapat beberapa masalah dan tantangan yang perlu diatasi, antara lain minimnya pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam mengelola desa wisata, keterbatasan pemahaman mengenai prinsip pembangunan berkelanjutan, tidak optimalnya pemanfaatan teknologi dalam pemasaran, keterbatasan sumber daya keuangan dan infrastruktur, maka dari itu perlu diadakan pelatihaan pengembangan Desa Wisata. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus sampai dengan 2 September 2023 di Kabupaten Natuna. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna ini melibatkan 40 peserta yang terdiri dari pengelola desa wisata, perangkat desa, dan kelompok sadar wisata. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul “Pelatihan  Pengelolaan Desa Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna 2023” telah selesai dilaksanakan dan hasil dari pengabdian tersebut telah berhasil meningkatkan kompetensi  pengelola desa wisata di Kabupaten Natuna dan lebih dari 50% peserta merasa puas terhadap kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Army, P. F. ., Andesta, I. ., Sihite, H. Y. ., Rahayu, I. ., & Chandra, L. . (2024). Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna 2023. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 684–689. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1138