Penerapan Pendidikan Demokrasi Substantif bagi Siswa SMAS Yasporbi 1 Jakarta dalam Mewujudkan Pemantapan Ketahanan dan Tata Kelola Kepemerintahan Indonesia

Authors

  • Mas Moreno Ivander Athala Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Syifa Azzahra Alam Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Elisabet Nauli Pane Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Muhammad Syahrul Ramdhani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Subakdi Subakdi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1141

Abstract

Untuk mengeksplorasi pentingnya pendidikan demokrasi substantif dalam konteks pemilu di Indonesia, dengan fokus pada sosialisasi kepada siswa-siswi SMA. Demokrasi substantif adalah kondisi di mana pemerintahan mampu mewujudkan keinginan masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di SMA Yasporbi 1 Jakarta, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu dan memperkuat demokrasi di Indonesia. Sosialisasi melibatkan penyampaian materi interaktif menggunakan proyektor dan sesi tanya jawab. Pre-Test dan Post-Test dilakukan untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah sosialisasi. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang pemilu, pentingnya kontribusi warga negara, serta cara memilih yang benar. Program ini menyoroti kebutuhan akan pendidikan yang mendalam tentang demokrasi substantif dalam kurikulum sekolah untuk membentuk generasi muda yang kritis dan aktif dalam proses demokrasi. Sosialisasi ini diharapkan dapat mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan meningkatkan partisipasi pemilih muda di Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Athala, M. M. I., Putri, S. A. A., Pane, E. N., Ramdhani, M. S., & Subakdi, S. (2024). Penerapan Pendidikan Demokrasi Substantif bagi Siswa SMAS Yasporbi 1 Jakarta dalam Mewujudkan Pemantapan Ketahanan dan Tata Kelola Kepemerintahan Indonesia. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 1–7. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1141