Penerapan Pendidikan Demokrasi Substantif bagi Siswa SMAS Yasporbi 1 Jakarta dalam Mewujudkan Pemantapan Ketahanan dan Tata Kelola Kepemerintahan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1141Abstract
Untuk mengeksplorasi pentingnya pendidikan demokrasi substantif dalam konteks pemilu di Indonesia, dengan fokus pada sosialisasi kepada siswa-siswi SMA. Demokrasi substantif adalah kondisi di mana pemerintahan mampu mewujudkan keinginan masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di SMA Yasporbi 1 Jakarta, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu dan memperkuat demokrasi di Indonesia. Sosialisasi melibatkan penyampaian materi interaktif menggunakan proyektor dan sesi tanya jawab. Pre-Test dan Post-Test dilakukan untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah sosialisasi. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang pemilu, pentingnya kontribusi warga negara, serta cara memilih yang benar. Program ini menyoroti kebutuhan akan pendidikan yang mendalam tentang demokrasi substantif dalam kurikulum sekolah untuk membentuk generasi muda yang kritis dan aktif dalam proses demokrasi. Sosialisasi ini diharapkan dapat mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan meningkatkan partisipasi pemilih muda di Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mas Moreno Ivander Athala, Syifa Azzahra Alam Putri, Elisabet Nauli Pane, Muhammad Syahrul Ramdhani, Subakdi Subakdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).