Pelatihan Ketaatan Dan Kesetiaan Pada Allah Kepada Anak-Anak Sekolah Minggu GBKP Pantai Cermin (Studi kasus Anak Sekolah Minggu GBKP Pantai Cermin)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1171Abstract
Pelatihan ketaatan dan kesetiaan kepada Allah merupakan salah satu aspek fundamental dalam pendidikan agama, terutama bagi anak-anak di sekolah minggu. Penelitian ini berfokus pada program pelatihan yang diterapkan di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Pantai Cermin, dengan tujuan untuk membina ketaatan dan kesetiaan kepada Allah pada anak-anak sekolah minggu. Metodologi yang digunakan meliputi pendekatan kualitatif dengan observasi partisipatif yaitu memimpin ibadah sekolah minggu secara langsung dan wawancara mendalam dengan Guru Sekolah Minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan sekolah minggu ini tidak hanya mengajarkan doktrin agama tetapi juga mengintegrasikan praktik-praktik keagamaan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari anak-anak. Melalui pendekatan yang inklusif dan partisipatif, anak-anak diajarkan nilai-nilai ketaatan dan kesetiaan melalui cerita-cerita Alkitab, lagu-lagu rohani. Temuan ini mengindikasikan bahwa sekolah minggu yang komprehensif dan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai keagamaan pada anak-anak, sehingga membentuk dasar yang kuat untuk pertumbuhan spiritual mereka di masa depan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurliani Siregar, Dandri Harapenta Tarigan, Yuni Virginia Angelika Pasaribu, Mita Patri Wika Habayahan, Agnes Meilita Berutu, Ages Svalma Sibagariang, Mikhael William Gabriel Siahaan, Dina Lorenza Ginting

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).