Pemberdayaan Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Berbasis Smarthphone Sebagai Wujud Era Digitalisasi di Bidang Pendidikan

Authors

  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Marlina Agkris Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tarida Alvina Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Leonita Maria Efipanias Manihuruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sabar Dumayanti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Arta Sibatuara Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rosalia Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yustina Jenetri Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Trinisa Hutagalung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Mia Afani Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Abstract

Memasuki era revolusi industry 4.0 pendidikan merupakan salah satu bidang yang berimbas langsung dimana sistem atau teknik belajar konvensional mengalami revolusi ke arah digital berbasis elektronik dan internet (e-learning). Menghadapi tantangan besar di era inovasi disruptif saat ini, dimana inovasi berkembang sangat pesat, khususnya pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran yang mampu menciptakan pembelajaran secara kontiniu tanpa batas ruang dan waktu. Maka sejalan dengan tuntutan tersebut guru harus mampu meng-upgrade kompetensi diri. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pendidikan, pelatihan dan pendampingan. Adapun tahapan metode yang digunakan adalah sebagai berikut: pendidikan tentang literasi digital baik sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik; pelatihan penguatan literasi digital dengan tahapan: 1. Pelatihan pemahaman dan kecakapan serta pendampingan pada mitra 2. Proses penggunaan media teknologi berbasis digital, literasi terbagi atas tiga tahapan yaitu proses persiapan alat dan bahan, proses praktik penggunaan serta 3. Penguatan hingga perlu di perhatikan adalah tingkat kecakapan setiap guru. Subyek program PKM ini adalah guru-guru di SD 091537 Hutabayu, Kab. Simalungun. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 5 dosen dari disiplin ilmu yaitu PGSD, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, dan PKn dan 5 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hasil yang diperoleh dari sosialisasi ini adalah jelas sangat bermanfaat. Mayoritas peserta sosialisasi 95% menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Artinya, guru-guru sudah menyadari media berbasis aplikasi Pada Smartphone sangat membantu pelaksanaan pembelajaran bahasa. Sebanyak 5% menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bermanfaat. Kegiatan ini memberikan informasi yang baru bagi seluruh peserta bahwa media animasi bisa digunakan dalam membantu guru dalam mengajar.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Sidabutar, Y. A., Tambunan, M. A. ., Simanjuntak, T. A. ., Manihuruk, L. M. E. ., Sihombing, S. D. ., Sibatuara, A. ., Simamora, R. ., Jenetri, Y. ., Hutagalung, T. ., & Afani, M. . (2024). Pemberdayaan Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Berbasis Smarthphone Sebagai Wujud Era Digitalisasi di Bidang Pendidikan. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 68–75. Retrieved from http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1173