Penguatan Numerasi Digital Bagi Guru-Guru Di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Parhundalian-Jawadipar Kabupaten Simalungun Pada Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • D. Yuliana Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yoel Octobe Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lampola Sitorus P Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1175

Abstract

SD Negeri 091524 PNP Tonduhan dan SD Negeri 096140 Parhundalian di Kelurahan Parhundalian-Jawadipar Kabupaten Simalungun merupakan salah satu sekolah tempat mahasiswa Prodi PGSD, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar melakukan pengabdian kepada masyarakat, dan sudah mengadakan MoU. Di Kelurahan Parhundalian-Jawadipar ada 2 sekolah dasar negeri akreditasi A. Urgensi dari PkM ini adalah Kurikulum Merdeka Belajar yang menekan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yakni pada kebutuhan dan minat peserta didik dengan memperhatikan konten, proses, produk, pendidik (guru atau dosen), dapat menyesuaikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran dengan mengunakan digitalisasi sebagai media pembelajar di kelas. Guru dan Digitalisasi menjadi satu kesatuan dalam Kurikulum Merdeka Belajar sehingga guru-guru harus mempersiapkan pembelajaran kelas digital dengan dibekali dengan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet, lain sebagainya. Kecakapan pengguna (guru-guru) dalam numerasi digital mencakup mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, memanfaatkan dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai penggunaannya. Tujuan PkM ini adalah membekali guru-guru SD yang ada di Kelurahan Parhundalian-Jawadipar Kabupaten Simalungun.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Pasaribu, E., Sijabat, D. ., Sinaga, D. Y. ., Purba, Y. O. ., & Sitorus P, L. . (2024). Penguatan Numerasi Digital Bagi Guru-Guru Di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Parhundalian-Jawadipar Kabupaten Simalungun Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 59–67. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1175