Penguatan Numerasi Digital Bagi Guru-Guru Di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Parhundalian-Jawadipar Kabupaten Simalungun Pada Kurikulum Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1175Abstract
SD Negeri 091524 PNP Tonduhan dan SD Negeri 096140 Parhundalian di Kelurahan Parhundalian-Jawadipar Kabupaten Simalungun merupakan salah satu sekolah tempat mahasiswa Prodi PGSD, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar melakukan pengabdian kepada masyarakat, dan sudah mengadakan MoU. Di Kelurahan Parhundalian-Jawadipar ada 2 sekolah dasar negeri akreditasi A. Urgensi dari PkM ini adalah Kurikulum Merdeka Belajar yang menekan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yakni pada kebutuhan dan minat peserta didik dengan memperhatikan konten, proses, produk, pendidik (guru atau dosen), dapat menyesuaikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran dengan mengunakan digitalisasi sebagai media pembelajar di kelas. Guru dan Digitalisasi menjadi satu kesatuan dalam Kurikulum Merdeka Belajar sehingga guru-guru harus mempersiapkan pembelajaran kelas digital dengan dibekali dengan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet, lain sebagainya. Kecakapan pengguna (guru-guru) dalam numerasi digital mencakup mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, memanfaatkan dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai penggunaannya. Tujuan PkM ini adalah membekali guru-guru SD yang ada di Kelurahan Parhundalian-Jawadipar Kabupaten Simalungun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Pasaribu, Desi Sijabat, D. Yuliana Sinaga, Yoel Octobe Purba, Lampola Sitorus P

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).