Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Papan Perkalian Yang Menyenangkan Di Sdn 027 Bengkulu Utara

Authors

  • Fina Oktavia Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Risnanosanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1182

Abstract

Abstrak

Kurangnya antusiasme dan kebingungan siswa dalam belajar perkalian karena metode pengajaran yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan gaya belajar siswa memerlukan inovasi untuk membuat materi perkalian lebih menarik dan mudah dipahami. Salah satu solusi efektif adalah menggunakan alat bantu visual seperti papan pintar, yang telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Media papan perkalian ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, mengkomunikasikan ide-ide mereka, dan meningkatkan kemampuan memahami konsep perkalian dengan lebih baik. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini, yaitu untuk meningkatkan minat dan antusiasme siswa kelas IV di SDN 027 Bengkulu Utara terhadap pelajaran matematika, khususnya materi perkalian. Dengan menggunakan permainan papan perkalian yang menyenangkan, diharapkan siswa menjadi lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar matematika. Metode pengabdian yang digunakan dimulai dari tahap perencaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini telah berhasil mencapai tujuan yang diharapkan. Permainan papan perkalian efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa, memperbaiki pemahaman mereka terhadap konsep perkalian, serta meningkatkan motivasi dan kepuasan belajar. Dengan adanya dukungan positif dari siswa dan guru, diharapkan bahwa metode ini dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran matematika di berbagai sekolah dasar lainnya untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal.

Kata Kunci: Peningkatan, Mata Pelajaran Matematika, Minat Belajar, Papan Perkalian

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Fina Oktavia, & Risnanosanti. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Papan Perkalian Yang Menyenangkan Di Sdn 027 Bengkulu Utara. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 97–102. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1182