Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Papan Perkalian Yang Menyenangkan Di Sdn 027 Bengkulu Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1182Abstract
Abstrak
Kurangnya antusiasme dan kebingungan siswa dalam belajar perkalian karena metode pengajaran yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan gaya belajar siswa memerlukan inovasi untuk membuat materi perkalian lebih menarik dan mudah dipahami. Salah satu solusi efektif adalah menggunakan alat bantu visual seperti papan pintar, yang telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Media papan perkalian ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, mengkomunikasikan ide-ide mereka, dan meningkatkan kemampuan memahami konsep perkalian dengan lebih baik. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini, yaitu untuk meningkatkan minat dan antusiasme siswa kelas IV di SDN 027 Bengkulu Utara terhadap pelajaran matematika, khususnya materi perkalian. Dengan menggunakan permainan papan perkalian yang menyenangkan, diharapkan siswa menjadi lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar matematika. Metode pengabdian yang digunakan dimulai dari tahap perencaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini telah berhasil mencapai tujuan yang diharapkan. Permainan papan perkalian efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa, memperbaiki pemahaman mereka terhadap konsep perkalian, serta meningkatkan motivasi dan kepuasan belajar. Dengan adanya dukungan positif dari siswa dan guru, diharapkan bahwa metode ini dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran matematika di berbagai sekolah dasar lainnya untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal.
Kata Kunci: Peningkatan, Mata Pelajaran Matematika, Minat Belajar, Papan Perkalian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fina Oktavia, Risnanosanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).