Peningkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Negeri 22 Kota Bengkulu Melalui Kreasi Majalah Dinding (Mading)

Authors

  • Putri Ewis Lambayu Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Nyayu Masita Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1184

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk meningkatkan literasi siswa SD negeri 22 kota Bengkulu melalui kreasi majalah dinding, majalah dinding ini dibuat agar para siswa tidak bosan dan  malas dalam belajar membaca, dengan adanya majalah dinding ini juga dapat mengajak para siswa yang mungkin masih mengalami kesulitan dalam membaca, dan juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi antar peserta didik, serta dapat menjadi wadah berkreasi dan mengeluarkan kreatifitasnya. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa dan menambah kreatifitas siswa SD Negeri 22 Kota Bengkulu, dalam kegiatan ini melibatkan seluruh warga sekolah terutama bagi siswa yang masih mengalami kurangnya minat dalam membaca. kegiatan pengabdian masyarakat pada Peningkatan literasi siswa SD Negeri 22 Kota Bengkulu melalui kreasi majalah dinding dilakukan melalui beberapa proses yaitu: observasi, wawancara, perancangan, pelaksanaan. Hasil yang didapat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini berdampak positif kepada siswa/siswi sehingga mengalmi peningkatan dalam minat belajar membaca, dan menambah kreatifitas siswa SD Negeri 22 Kota Bengkulu, dan dapat memudahkan siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran didalam kelas.  

Kata Kunci: peningkatan literasi, kreasi, majalah dinding

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Lambayu, P. E. ., Jumri, R. ., & Ariani, N. M. . (2024). Peningkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Negeri 22 Kota Bengkulu Melalui Kreasi Majalah Dinding (Mading). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 85–90. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1184