Membentuk Jiwa Kepemimpinan Pelajar Madrasah Aliyah Negeri 2 Kuantan Singingi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1207Abstract
Abstrak
Sekolah merupakan lembaga yang bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan demi mencapai insan yang berilmu, bermoral serta memiliki karakter, bahkan lebih jauhnya sekolah juga diharapkan dapat mencetak generasi penyambung kepemimpinan yang nantinya akan menjadi penerus pemimpin dalam segala level. Minimnya pelatihan yang diutarakan tersebut, berimbas pada rendahnya pengalaman dan ketrampilan pada peserta didik sehingga mereka tidak memiliki motivasi serta tidak menyadari peran mereka yang begitu besar dalam menggantikan kepemimpinan. Keluaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan memberikan pemahaman pentingnya menjadi penerus kepemimpinan sejak dini. Metode yang dilaksanakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah memberikan pelatihan pentingnya kepemimpinan disertai dengan diskusi dan permainan yang memacu dan memicu stimulasi peserta khalayak sasaran. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam membentuk jiwa kepemimpinan khususnya pada pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kuantan Singingi menunjukkan hasil bahwa khalayak sasaran memahami dan akan mengaplikasikannya setelah memngikuti pelatihan singkat kepemimpinan.
Kata Kunci: Pelatihan, Kepemimpinan, Pelajar, Sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alsar Andri, Emilia Emharis, Sahri Muharam, Sarjan M, Rika Ramadhanti, Risvandi Risvandi, Desriadi Desriadi, Melliofatria Melliofatria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).