"Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition"

Authors

  • Hosaini Hosaini Prodi Kependidikan Islam Universitas Bondowoso
  • Subaidi Subaidi Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Program Pascasarjana, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh. Zuhdy Hamzah 3Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
  • Nanci Yosepin Simbolon Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Darma Agung, Medan
  • Aden Sutiapermana Pendidikan Umum dan Karakter, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1220

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, memiliki potensi besar untuk mengimplementasikan pendekatan pendidikan berbasis tauhid dalam sistem pendidikannya. Pendekatan ini, yang menekankan keesaan Allah dan nilai-nilai tauhid dalam semua aspek kehidupan, dapat membantu mengatasi tantangan kompleks dalam dunia pendidikan yang dihadapi oleh generasi muda. Pesantren dan lembaga pendidikan Islam, seperti Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki di Bondowoso, telah menjadi pusat bagi pengembangan karakter dan moral melalui integrasi tauhid dalam kurikulum mereka. Pendekatan holistik ini tidak hanya mencetak lulusan yang unggul secara akademis tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi, sesuai dengan nilai-nilai agama Islam.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z. ., Simbolon, N. Y. ., & Sutiapermana, A. . (2024). "Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition". Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353–360. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1220