Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa di SMP IT Nurul Fadhilah Bandar Setia, Percut Sei Tuan, Deli Serdang Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1225Abstract
Pembelajaran IPA merupakan salah satu model penerapan kurikulum yang dianjurkan untuk diterapkan mulai pada pendidikan dasar. Materi dari pembelajaran IPA sebaiknya diaktualisasikan melalui peragaan, bentuk percobaan atau demonstrasi yang dilakukan di Laboratorium. Pelaksanaan praktikum IPA dengan KIT praktikum menjadi lebih mudah dan dapat mengurangi risiko kecelakaan laboratorium. Salah satu tugas pendidik adalah mengembangkan potensi siswa namun permasalahan yang dihadapi guru adalah belum bisa berinovasi supaya proses pembelajaran IPA dilaksanakan di Laboratorium saat mendapatkan materi yang semestinya dilakukan dengan metode praktikum. Guru-guru di SMP IT Nurul Fadhilah selama ini melakukan proses peembelajaran hanya sebatas teori di dalam kelas, hal ini dikarenakan keterbatasan akses dan peralatan belum memadai yang menunjang praktikum IPA. Hal ini dirasakan oleh guru saat berinteraksi dengan siswa memberikan contoh penerapan praktikum IPA yang hanya sebatas teori. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali guru dan siswa dalam mengembangkan kreativitasnya dalam mengintegrasikan penggunaan KIT IPA pada pembelajaran IPA dan metode praktikum akan membantu mempercepat pemahaman terhadap pembelajaran IPA serta memberikan langkah kongkret dalam pemanfaatan laboratorium sebagai tempat belajar yang menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jabal Ahsan, Rini Selly, Zainuddin M., Jasmidi M.Si

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).