Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa di SMP IT Nurul Fadhilah Bandar Setia, Percut Sei Tuan, Deli Serdang Sumatera Utara

Authors

  • Rini Selly Universitas Negeri Medan
  • Zainuddin M. Universitas Negeri Medan
  • Jasmidi Jasmidi Universitas Negeri Medan
  • Jabal Ahsan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1225

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu model penerapan kurikulum yang dianjurkan untuk diterapkan mulai pada pendidikan dasar. Materi dari pembelajaran IPA sebaiknya diaktualisasikan melalui peragaan, bentuk percobaan atau demonstrasi yang dilakukan di Laboratorium. Pelaksanaan praktikum IPA dengan KIT praktikum menjadi lebih mudah dan dapat mengurangi risiko kecelakaan laboratorium. Salah satu tugas pendidik adalah  mengembangkan potensi siswa namun permasalahan yang dihadapi guru adalah belum bisa berinovasi supaya proses pembelajaran IPA dilaksanakan di Laboratorium saat mendapatkan materi yang semestinya dilakukan dengan metode praktikum. Guru-guru di SMP IT Nurul Fadhilah selama ini melakukan proses peembelajaran hanya sebatas teori di dalam kelas, hal ini dikarenakan keterbatasan akses dan peralatan belum memadai yang menunjang praktikum IPA. Hal ini dirasakan oleh guru saat berinteraksi dengan siswa memberikan contoh penerapan praktikum IPA yang hanya sebatas teori. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali guru dan siswa dalam mengembangkan kreativitasnya dalam mengintegrasikan penggunaan KIT IPA pada pembelajaran IPA dan metode praktikum akan membantu mempercepat pemahaman terhadap pembelajaran IPA serta memberikan langkah kongkret dalam pemanfaatan laboratorium sebagai tempat belajar yang menyenangkan.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Selly, R., M., Z., Jasmidi, J., & Ahsan, J. (2024). Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa di SMP IT Nurul Fadhilah Bandar Setia, Percut Sei Tuan, Deli Serdang Sumatera Utara. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 269–276. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1225