Komunikasi Berbasis Digitalisasi Yang Efektif Bagi Gen Z Dalam Karier Dan Sosial

Authors

  • Niantoro Sutrisno Politeknik LP3I Jakarta
  • Dingot Hamonangan Ismail Politeknik LP3I Jakarta
  • Iman Sulaeman Politeknik LP3I Jakarta
  • Bakri Bakri Politeknik LP3I Jakarta
  • Sopiah Sopiah Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1251

Abstract

Sumber daya manusia dalam suatu perusahaan atau organisasi dituntut untuk bersungguh – sungguh dalam menggapai keberhasilan tujuan perusahaan. Untuk dapat mencapai segala tujuan suatu perusahaan terdapat aspek penting yang harus dijalankan, diantaranya ialah aspek komunikasi. Komunikasi dapat berjalan dengan efektif apabila memperhatikan lima aspek, diantaranya ialah aspek kejelasan, ketepatan, konteks, alur dan budaya. Aspek kejelasan: Komunikasi harus jelas dan mudah dipahami oleh penerima pesan. Penggunaan bahasa yang sederhana, kalimat yang terstruktur, dan penghindaran ambigu atau jargon yang membingungkan adalah beberapa contoh strategi untuk mencapai kejelasan komunikasi. Aspek ketepatan dalam mencapai komunikasi yang efektif harus tepat dan relevan dengan konteks yang sedang dibahas. Pesan harus disampaikan dengan akurat dan sesuai dengan kebutuhan, harapan, dan pengetahuan penerima pesan. Kesalahan interpretasi dan penyalahgunaan informasi dapat dihindari dengan memastikan ketepatan komunikasi. Aspek konteks pun menjadi salah satu yang penting dalam menjalankan komunikasi. Konteks merupakan lingkungan atau situasi di mana komunikasi terjadi. Pemahaman konteks yang baik memungkinkan komunikator memilih metode dan gaya komunikasi yang tepat. Konteks dapat mencakup faktor seperti budaya, latar belakang, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang dapat mempengaruhi cara pesan disampaikan dan diterima. Selanjutnya aspek alur dalam komunikasi yang efektif melibatkan alur yang baik antara komunikator dan penerima pesan ( komunikan). Alur yang baik berarti pesan disampaikan secara teratur, terstruktur, dan logis. Gen Z atau Generasi Z dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai zoomer, adalah mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012 merupakan sumber daya manusia yang perlu memahami komunikasi dalam arti hakiki tidak hanya berdimensi lisan, tetapi juga tulisan dan bahkan yang terpenting adalah body language serta digitalitasi yang menjadi kekuatan terbesar mereka. Kesemua aspek komunikasi tersebut tidak terpisahkan untuk mencapai kesuksesan karier dan dunia social di era revolusi Industri saat ini.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Sutrisno, N. ., Ismail, D. H. ., Sulaeman, I. ., Bakri, B., & Sopiah, S. (2024). Komunikasi Berbasis Digitalisasi Yang Efektif Bagi Gen Z Dalam Karier Dan Sosial. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 248–254. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1251