Eksistensi Mahasiswa terhadap Peningkatan Nilai-Nilai Religius Bagi Anak-Anak Desa Luwuk Bunter
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1272Abstract
Desa Luwuk Bunter merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur. Eksistensi peran mahasiswa dalam Pengabdian kepada masyarakat atau biasa disebut kuliah kerja nyata (KKN) ini meningkatkan nilai-nilai religious bagi anak-anak di Desa Luwuk Bunter. Dengan keilmuan yang dimiliki dan hadirnya mahasiswa KKN memberikan dampak yang signifikan dalam bidang keagamaan. Strategi yang dilakukan dalam upaya pelaksanaan kegiatan ini yaitu dengan merencanakan dan mengoptimalkan kegiatan bersama untuk menindaklanjuti gagasan pemikiran yang muncul. Dari perencanaan ini akan teridentifikasi siapa yang mongkoordinir dan siapa yang harus bertanggung jawab atas tiap tahap-tahap kegiatan. Peningkatan kegiatan nilai-nilai religious bagi anak-anak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, tapi juga sebagai faktor utama meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM). Jenis pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode kualitatif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi (deskriptif kualitatif). Jenis pengabdian kepada masyarakat ini adalah penelitian Lapangan, yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Dalam hal ini dilakukan di Desa Luwuk Bunter. Tempat pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dilokasi yang menjadi sumber penelitian yaitu di Desa Luwuk Bunter.Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan adanya keberadaan mahasiswa dapat meningkatkan proses belajar mengajar dalam bidang keagamaan yang sebelumnya tidak aktif. Ini sangat berdampak pada persiapan sumber daya manusia untuk mempersiapkan pribadi yang pintar agama dan berakhlak mulia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lavenia Regita Desyanti, Sofianatur Rahmi, Beni Andriano, Yuli Yuli, Taswah Amanda, Fitria Melinda, Andre Kurniawan, Preti Aisyah Siahaan, Muhammad Ighfar Dwi Yahya, Muhammad Riyan Aditya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).