Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Abad 21 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Rakyat Kelas VII di SMP Negeri 2 Puri (Studi Kasus)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1281Abstract
Kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran yang ada di sebuah lembaga pendidikan, dan merupakan sebuah hal yang cukup sentral pada sebuah pendidikan formal. Kurikulum merdeka yang diterapkan pada pendidikan saat ini memiliki ciri khas tersendiri seperti dalam pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi rakyat, terutama pada proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan SMPN 2 Puri. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan (studi kasus). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumen dengan model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman. Pada penelitian ini menghasilkan suatu data, bahwa implementasi kurikulum merdeka memiliki ciri khas pada proses pembelajaran, seperti dalam tahap persiapan yang dilakukan dengan penyusunan perangkat ajar dimana disesuaikan denga profil pelajar pancasila, proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran diferensiasi, serta berbagai kendala yang dialami oleh pendidik pada pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan oleh satuan pendidikan SMPN 2 Puri dapat memberi pembelajaran yang baru bagi peserta didik karena sistem perangkat ajar yang lebih sederhana, dan metode pembelajaran yang bervariasi.
Kata Kunci: Implementasi kurikulum merdeka, bahasa indonesia, puisi rakyat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syafila Chabsarotul Islamiyah, Asih Andriyati Mardliyah, Wawan Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).