Penerapan Manajemen Strategi Dalam Upaya Optimalisasi Pendapatan Kelompok Binaan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian & Perdagangan Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1282Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam era digitalisasi yang semakin berkembang. UMKM tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pendapatan masyarakat, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan dan menjaga stabilitas ekonomi. Meskipun memiliki potensi besar, UMKM menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal manajemen sumber daya manusia dan adaptasi terhadap teknologi digital. Penerapan manajemen strategi ini diperlukan untuk membangun strategi yang tepat dan efisien agar pelaku UMKM mendapatkan peningkatan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan strategi kewirausahaan dan praktik terbaik yang dapat diterapkan oleh pelaku UMKM guna meningkatkan kinerja bisnis mereka melalui pemasaran digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei, sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Survei dilakukan untuk mengevaluasi masalah dan kebutuhan mitra UMKM, sementara sosialisasi awal dilakukan untuk memberikan informasi terkait masalah pembiayaan modal usaha. Pelatihan mencakup perubahan mindset dan perilaku, penggunaan aplikasi Grab Merchant, serta teknik pemasaran digital sebagai langkah pengimplementasian manajemen strategi dalam upaya optimalisasi pendapatan kelompok binaan dinas koperasi UKM, perindustrian & perdagangan di kota Medan. Pendampingan dilakukan sebagai bentuk keberlanjutan program pelatihan, termasuk monitoring dan kunjungan langsung ke pelaku UMKM. Internalisasi pengetahuan dan wawasan digital kepada pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing dan branding produk, efisiensi biaya operasional, serta adaptasi terhadap teknologi. Pelatihan dan pemberdayaan melalui program khusus terbukti efektif dalam memperkuat kapasitas manajemen sumber daya manusia di kalangan UMKM. Partisipasi dalam komunitas bisnis lokal juga membuka peluang bagi UMKM untuk memperluas jaringan profesional dan membangun kemitraan yang saling menguntungkan. Transformasi digital dan pemasaran digital merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan UMKM dan membantu pemerintah dalam meningkatkan Produk Domestik Bruto. Pengabdian kepada masyarakat, melalui integrasi strategi kewirausahaan dan dukungan berkelanjutan, dapat memperkuat ekosistem bisnis lokal serta memperbaiki kualitas hidup pelaku UMKM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Arifin Nasution, Nana Dyki Dirbawanto, Franklin Asido -Rossevelt

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).