Implementasi Kampus Mengajar: Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Peran Aktif Mahasiswa

Authors

  • Nur Sakinah Aries Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Faisal Lutfi Amri Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurainun Nurainun Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1286

Abstract

Program Kampus Mengajar adalah salah satu program unggulan dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Indonesia, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan dasar sebagai mitra guru. Data yang diperoleh di lapangan dideskripsikan secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi selama pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Metode pelaksanaan pembekalan Kampus Mengajar Angkatan 5 menggunakan metode penanaman konsep dan diskusi kasus, sedangkan untuk pelaksanaan penugasan Program Kampus Mengajar dilakukan dengan team-based project dimana mahasiswa akan bekerja sama dalam tim untuk membuat perencanaan program berbasis proyek yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan sekolah tempat penugasan, guna mencapai tujuan dan capaian pembelajaraan yang telah ditentukan khususnya untuk meningkatka literasi dan numerasi siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi kampus mengajar angkatan 5 berdasarkan program yang disusun memberikan dampak posistif terhadap pembelajaran dan peningkatan literasi dan numerasi siswa.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Aries, N. S., Amri, M. F. L. ., & Nurainun, N. (2024). Implementasi Kampus Mengajar: Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Peran Aktif Mahasiswa . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 507–513. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1286