Implementasi Kampus Mengajar: Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Peran Aktif Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1286Abstract
Program Kampus Mengajar adalah salah satu program unggulan dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Indonesia, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan dasar sebagai mitra guru. Data yang diperoleh di lapangan dideskripsikan secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi selama pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Metode pelaksanaan pembekalan Kampus Mengajar Angkatan 5 menggunakan metode penanaman konsep dan diskusi kasus, sedangkan untuk pelaksanaan penugasan Program Kampus Mengajar dilakukan dengan team-based project dimana mahasiswa akan bekerja sama dalam tim untuk membuat perencanaan program berbasis proyek yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan sekolah tempat penugasan, guna mencapai tujuan dan capaian pembelajaraan yang telah ditentukan khususnya untuk meningkatka literasi dan numerasi siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi kampus mengajar angkatan 5 berdasarkan program yang disusun memberikan dampak posistif terhadap pembelajaran dan peningkatan literasi dan numerasi siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Sakinah Aries, Muhammad Faisal Lutfi Amri, Nurainun Nurainun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).