Optimalisasi Potensi Desa Melalui Kegiatan Kkn Dengan Pendekatan Sosial, Ekonomi Dan Pendidikan Di Kelurahan Talang Kelapa

Authors

  • Rismansyah Rismansyah Universitas PGRI, Palembang`
  • Mellinia Oktaviana Laras Wati Universitas PGRI Palembang
  • Rizky Hifdizah Universitas PGRI, Palembang`
  • Nyimas Widya Universitas PGRI, Palembang`
  • Rio Fitriansyah Universitas PGRI, Palembang`
  • Rico Arya Universitas PGRI, Palembang`

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1300

Abstract

Mahasiswa Universitas PGRI Palembang melaksanakan KKN di Desa Talang Kelapa selama 6 minggu (16 Oktober - 27 November 2023). KKN ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan potensi desa melalui berbagai program yang berfokus pada aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan. Pendekatan sosial dilakukan melalui kegiatan yasinan, senam pagi bersama, dan pojok baca untuk meningkatkan kebersamaan masyarakat. Pendekatan ekonomi difokuskan pada pengembangan usaha mikro dan kecil melalui program UMKM untuk meningkatkan pendapatan warga. Sedangkan, pendekatan pendidikan diwujudkan melalui kegiatan bimbel dan upaya peningkatan akses pendidikan bagi anak-anak desa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa KKN dengan pendekatan holistik ini memberikan dampak positif yang signifikan. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial meningkat, usaha mikro dan kecil berkembang, dan tingkat pendidikan pun naik. Hal ini menunjukkan efektivitas pendekatan holistik dalam mendorong pembangunan desa yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang efektivitas pendekatan holistik dalam merancang dan melaksanakan kegiatan KKN untuk mendorong pembangunan desa yang berkelanjutan.

Kata Kunci : Kuliah Kerja Nyata, Pendekatan Holistik, Pembangunan Desa Berkelanjutan

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Rismansyah, R., Oktaviana Laras Wati, M. ., Hifdizah, R. ., Widya, N. ., Fitriansyah, R. ., & Arya, R. . (2024). Optimalisasi Potensi Desa Melalui Kegiatan Kkn Dengan Pendekatan Sosial, Ekonomi Dan Pendidikan Di Kelurahan Talang Kelapa. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 691–697. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1300