Edukasi Pendidikan Seksual Melalui Video Animasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1302Abstract
Banyaknya kasus kekerasan seksual terhadap anak) yang dilakukan oleh orang-orang terdekat anak, termasuk keluarga, menunjukkan pentingnya pemahaman pendidikan seks anak. Masalah pendidikan seks kurang mendapat perhatian dari orang tua, sebagian besar orang tua percaya bahwa pendidikan seks adalah tanggung jawab sekolah. Pelaku kekerasan seksual di sekolah seringkali adalah orang dewasa seperti guru, staf sekolah dan anak-anak lain di sekolah tersebut. Salah satu cara mendidik anak tentang seks adalah dengan menggunakan alat bantu audiovisual seperti video animasi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan alat bantu video animasi terhadap pencegahan kekerasan seksual pada anak usia sekolah. Sampel terdiri dari murid TK Aisyiyah II Kota Bukittinggi. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan menggunakan video animasi berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan murid tentang pencegahan kekerasan seksual pada anak usia sekolah, yang dapat dilihat dari peningkatan pengetahuan anak sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Kesimpulan menunjukkan bahwa media video animasi dapat mencegahan prilaku sexual abuse pada anak usia sekolah.
Kata Kunci : Kekerasan seksual, Pendidikan kesehatan dengan media video animasi, Anak usia sekolah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Ade Nugrahmi, Kartika Mariyona, Amelya Permata Sari, Pagdya Haninda Nusantri Rusdi, Hafizhatun Nadya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).