Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru SMK Negeri 61 Jakarta di Wilayah Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1320Abstract
Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan, sehingga guru-guru dituntut untuk mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 mengatur bahwa pengembangan profesi menjadi bagian dari proses kenaikan pangkat seorang guru. Namun, observasi di SMK Negeri 61 Jakarta menunjukkan bahwa 70% guru mengalami kesulitan dalam kenaikan pangkat, terutama dalam menyusun karya tulis atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kesulitan ini menyebabkan banyak guru menjadi enggan dan apatis terhadap pengusulan kenaikan pangkat. Banyaknya KTI/PTK yang diajukan sering dikembalikan karena kesalahan atau belum dapat dinilai, dan tunjangan yang diberikan dari kenaikan pangkat belum meningkatkan kesejahteraan secara signifikan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan penulisan laporan PTK untuk menunjang kenaikan pangkat bagi guru di SMK Negeri 61 Jakarta, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Sahara Sylvira Ananda Azwar, Dadang Suyadi Suryasumirat, Kencana Verawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).