Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru SMK Negeri 61 Jakarta di Wilayah Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Authors

  • Siti Sahara Universitas Negeri Jakarta
  • Sylvira Ananda Azwar Universitas Negeri Jakarta
  • Dadang Suyadi Suryasumirat Universitas Negeri Jakarta
  • Kencana Verawati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1320

Abstract

Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan, sehingga guru-guru dituntut untuk mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 mengatur bahwa pengembangan profesi menjadi bagian dari proses kenaikan pangkat seorang guru. Namun, observasi di SMK Negeri 61 Jakarta menunjukkan bahwa 70% guru mengalami kesulitan dalam kenaikan pangkat, terutama dalam menyusun karya tulis atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kesulitan ini menyebabkan banyak guru menjadi enggan dan apatis terhadap pengusulan kenaikan pangkat. Banyaknya KTI/PTK yang diajukan sering dikembalikan karena kesalahan atau belum dapat dinilai, dan tunjangan yang diberikan dari kenaikan pangkat belum meningkatkan kesejahteraan secara signifikan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan penulisan laporan PTK untuk menunjang kenaikan pangkat bagi guru di SMK Negeri 61 Jakarta, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Sahara, S. ., Azwar, S. A. ., Suryasumirat, D. S. ., & Verawati, K. . (2024). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru SMK Negeri 61 Jakarta di Wilayah Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 666–673. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1320