Pelatihan Penyelenggaraan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal

Authors

  • Hendra Budiono Universitas Jambi
  • Masyunita Siregar Universitas Jambi
  • Violita Zahyuni Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi
  • Issaura Sherly Pammela Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1325

Abstract

Transisi PAUD-SD merupakan masa paling riskan dan penting untuk keberhasilan belajar di sekolah dasar dan jenjang selanjutnya. Salah satu keterampilan yang penting distimulasi untuk memasuki jenjang SD adalah keterampilan literasi numerasi. Oleh karena itu perlu dipahami bagaimana merancang kegiatan pembelajaran literasi numerasi yang menyenangkan bagi siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan guru PAUD dan SD terkait dengan penyelenggaraan pembelajaran literasi dan numerasi transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Kegiatan dilakukan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal dengan sasaran peserta kegiatan yaini guru SD dan guru PAUD berjumlah. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta adanya kegiatan brainstroming dan role playing terakit dengan bentuk pembelajaran literasi dan Numerasi. Diakhir kegiatan diberikan angket untuk mengukur pemahaman peserta. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terkait materi yang diberikan dapat terlihat pada tingkat pemahaman dengan persentase 88,15% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Budiono, H., Siregar, M. ., Zahyuni, V. ., Utami, W. S. ., & Pammela, I. S. . (2024). Pelatihan Penyelenggaraan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 706–712. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1325