Pelatihan Penyelenggaraan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1325Abstract
Transisi PAUD-SD merupakan masa paling riskan dan penting untuk keberhasilan belajar di sekolah dasar dan jenjang selanjutnya. Salah satu keterampilan yang penting distimulasi untuk memasuki jenjang SD adalah keterampilan literasi numerasi. Oleh karena itu perlu dipahami bagaimana merancang kegiatan pembelajaran literasi numerasi yang menyenangkan bagi siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan guru PAUD dan SD terkait dengan penyelenggaraan pembelajaran literasi dan numerasi transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Kegiatan dilakukan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal dengan sasaran peserta kegiatan yaini guru SD dan guru PAUD berjumlah. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta adanya kegiatan brainstroming dan role playing terakit dengan bentuk pembelajaran literasi dan Numerasi. Diakhir kegiatan diberikan angket untuk mengukur pemahaman peserta. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terkait materi yang diberikan dapat terlihat pada tingkat pemahaman dengan persentase 88,15% dengan kategori sangat baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendra Budiono, Masyunita Siregar, Violita Zahyuni, Winda Sherly Utami, Issaura Sherly Pammela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).