Pelatihan Praktik Baik Penyusunan Modul Ajar yang Efektif Menggunakan Artificial Intelligence Di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal

Authors

  • Maryono Maryono Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Universitas Jambi
  • Eka Sastrawati Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1326

Abstract

Pemanfaaan artificial intelligence perlu dikuasai oleh guru untuk mempermudah dalam melaksanakan tugas dan mendukung kompetensi profesional salah satunya dalam membuat modul ajar. Kurangnya pemahaman guru dalam pemanfaatan artificial intelligence berdampak pada pembuatan modul ajar yang lama. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan guru dalam penyusunan modul ajar yang efektif menggunakan artificial intelligence. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal dengan peserta seluruh guru berjumlah 19 orang. Kegiatan dilakukan dengan Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yakni identifikasi kebutuhan mitra, kemudian sosialisasi dan pendampingan, pelatihan dan pembimbingan, serta evaluasi kegiatan dengan memberikan angket diakhir kegiatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terkait dengan penyusuan modul ajar yang efektif menggunakan artificial intelligence. Hal ini tampak dari persentase pemahaman perserta yakni 26,32% peserta sangat mengetahui, 52,63% mengetahui, dan 21,05% cukup mengetahui. Dari pengalaman peserta didapat persentase 36,84% peserta menyatakan bahwa kegiatan yang telah dilakukan sanagat memuaskan, 52,63% menyatakan memuaskan dan 10,53% menyatakan cukup memuaskan. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif terhadapt peserta dengan persentase 84,21% sangat setuju dan 15,79% menyatakan setuju bahwa kegiatan memberikan dampak positif

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Maryono, M., Kuntarto, E. ., Budiono, H., Sastrawati, E. ., & Noviyanti, S. . (2024). Pelatihan Praktik Baik Penyusunan Modul Ajar yang Efektif Menggunakan Artificial Intelligence Di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 713–719. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1326