Pelatihan Praktik Baik Penyusunan Modul Ajar yang Efektif Menggunakan Artificial Intelligence Di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1326Abstract
Pemanfaaan artificial intelligence perlu dikuasai oleh guru untuk mempermudah dalam melaksanakan tugas dan mendukung kompetensi profesional salah satunya dalam membuat modul ajar. Kurangnya pemahaman guru dalam pemanfaatan artificial intelligence berdampak pada pembuatan modul ajar yang lama. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan guru dalam penyusunan modul ajar yang efektif menggunakan artificial intelligence. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal dengan peserta seluruh guru berjumlah 19 orang. Kegiatan dilakukan dengan Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yakni identifikasi kebutuhan mitra, kemudian sosialisasi dan pendampingan, pelatihan dan pembimbingan, serta evaluasi kegiatan dengan memberikan angket diakhir kegiatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terkait dengan penyusuan modul ajar yang efektif menggunakan artificial intelligence. Hal ini tampak dari persentase pemahaman perserta yakni 26,32% peserta sangat mengetahui, 52,63% mengetahui, dan 21,05% cukup mengetahui. Dari pengalaman peserta didapat persentase 36,84% peserta menyatakan bahwa kegiatan yang telah dilakukan sanagat memuaskan, 52,63% menyatakan memuaskan dan 10,53% menyatakan cukup memuaskan. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif terhadapt peserta dengan persentase 84,21% sangat setuju dan 15,79% menyatakan setuju bahwa kegiatan memberikan dampak positif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maryono Maryono, Eko Kuntarto, Hendra Budiono, Eka Sastrawati, Silvina Noviyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).