Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Berbasis Teknologi Ai di Pondok Pesantren Tahfizh Istana Qur’an Indonesia PTIQI Lampung

Authors

  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam 45 Bekasi
  • Ibnu Muthi Universitas Islam 45 Bekasi
  • Pauzan Haryono Universitas Islam 45 Bekasi
  • Dede Rubai Misbahul Alam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Suharti Suharti Universitas Islam 45 Bekasi
  • Siti Rochaya Universitas Islam 45 Bekasi
  • Roni Rusmana Universitas Islam 45 Bekasi
  • Muhammad Resky Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1342

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan di desa masih tertinggal dibandingkan dengan di kota. Salah satu faktor utama adalah rendahnya minat guru di desa untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya teknolog AIi dalam memudahkan menulis artikel ilmiah. Tujuan pengabdian ini untuk memberdayakan masyarakat khususnya para guru untuk lebih memahami esensi menulis artikel ilmiahberbasis teknologi AI. Metode pelaksanaan yang digunakann yaitu menyelenggarakan pelatihan intes tentang tips dan trik untuk menulis artikel ilmiah dalam menuntaskan syarat kenaikan jabatan fungsional guru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sangat diperlukan teknik untuk memudahkan menulis artikel ilimiah bagi guru berbasis teknologi AI, dengan cara melaksanakan pelatihan menulis artikel ilmiah berbasis teknologi AI. Pelatihan ini diharapkan nantinya memiliki pemahaman akan pentingnya menulis artikel ilmiah serta mempunyai keterampilan menulis artikel ilmiah sehingga bisa menerbitkan berbagai karya ilmiah dengan menggunakan teknologi AI. Pengabdian ini berimplikasi untuk mengembangkan kemampuan serta professional guru di masa depan agar tidak gagap teknologi.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Baharuddin, B., Muthi, I., Haryono, P., Alam, D. R. M., Suharti, S., Rochaya, S., Rusmana, R., & Resky, M. (2024). Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Berbasis Teknologi Ai di Pondok Pesantren Tahfizh Istana Qur’an Indonesia PTIQI Lampung. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 820–826. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1342