Implementasi Metode Drilling Berbasis Media Ajar You Tube Di Taman Kanak-Kanak (Penelitian Kualitatif di TK Siloam Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024)

Authors

  • Singgih Prastawa Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumardiono Sumardiono Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Abdurrajab Latandu Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1351

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi pola pembelajaran dengan menggunakan metode Drill pada pembelajaran keterampilan Bahasa Inggris dan bagaimana youtube mendorong guru meningkatkan kemampuan mengajar Drill Bahasa di TK Siloam tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek guru mengajar di TK Siloam tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penjaringan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket terbuka, serta dokumen. Analisis yang digunakan studi ini adalah model interaktif dari Miles and Huberman terdiri dari 4 langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Temuan studi ini adalah perlunya penggunanan metode drill pada pembelajaran Bahasa Inggris terkhusus untuk pembelajaran pada peserta didik di TK Siloam Surakarta. Metode Drill bisa diajarkan dari bermacam sumber media ajar, seperti YouTube. Untuk metode Drill disarankan bagi peserta didik TK Siloam Surakarta, karena pembelajaran Bahasa merupakan habit/kebiasaan yang harus dimulai sejak dini serta dilakukan setiap hari secara sederhana. Hal tersebut dimulai sejak dini akan memfosil pada kognitif peserta didik.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Prastawa, . S. ., Sumardiono, S., & Latandu, A. . (2024). Implementasi Metode Drilling Berbasis Media Ajar You Tube Di Taman Kanak-Kanak (Penelitian Kualitatif di TK Siloam Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 853–862. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1351