Implementasi Metode Drilling Berbasis Media Ajar You Tube Di Taman Kanak-Kanak (Penelitian Kualitatif di TK Siloam Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1351Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi pola pembelajaran dengan menggunakan metode Drill pada pembelajaran keterampilan Bahasa Inggris dan bagaimana youtube mendorong guru meningkatkan kemampuan mengajar Drill Bahasa di TK Siloam tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek guru mengajar di TK Siloam tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penjaringan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket terbuka, serta dokumen. Analisis yang digunakan studi ini adalah model interaktif dari Miles and Huberman terdiri dari 4 langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Temuan studi ini adalah perlunya penggunanan metode drill pada pembelajaran Bahasa Inggris terkhusus untuk pembelajaran pada peserta didik di TK Siloam Surakarta. Metode Drill bisa diajarkan dari bermacam sumber media ajar, seperti YouTube. Untuk metode Drill disarankan bagi peserta didik TK Siloam Surakarta, karena pembelajaran Bahasa merupakan habit/kebiasaan yang harus dimulai sejak dini serta dilakukan setiap hari secara sederhana. Hal tersebut dimulai sejak dini akan memfosil pada kognitif peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Singgih Prastawa, Sumardiono, Abdurrajab Latandu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).