Strategi Meningkatkan Kemampuan Teknologi Guru TK Dengan Pelatihan Video Pembelajaran Berbasis Canva Di TK Al-Wahdah Kota Bandung

Authors

  • Edy Sofyan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Ernandia Pandikar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Erry Hendriawan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Wawa Puja Prabawa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.1354

Abstract

Dalam rangka memenuhi kewajiban Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagaimana dimandatkan dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020, tim PKM Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP Pasundan yang terdiri dari tiga anggota akan melakukan pengabdian dengan menerapkan ilmu pengetahuan sesuai bidang keahlian melalui kegiatan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva sebagai Strategi untuk Meningkatkan Pengetahuan Teknologi pada Guru TK Al-Wahdah Kota Bandung. Pelatihan ini bertujuan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga siswa dapat memutar ulang pelajaran tersebut. Pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Canva ini berhasil mencapai tujuan utamanya yaitu meningkatkan pemahaman teknologi, kualitas video pembelajaran, keterlibatan dan motivasi siswa, serta kemandirian guru dalam membuat materi pembelajaran berbasis video. Metode pelatihan yang terstruktur dengan baik dan pendampingan yang efektif memastikan bahwa keterampilan yang diajarkan dapat diterapkan dalam praktik sehari-hari. Pelatihan ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Canva dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan teknologi di kalangan guru, menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif dan menarik bagi siswa.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sofyan, E., Pandikar, E. ., Hendriawan, E. ., & Prabawa, W. P. . (2023). Strategi Meningkatkan Kemampuan Teknologi Guru TK Dengan Pelatihan Video Pembelajaran Berbasis Canva Di TK Al-Wahdah Kota Bandung. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 413–419. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.1354