Pemberdayaan Ekonomi Dalam Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Di Desa Paya Kecamatan Padang Cermin Kabu-paten Pesawaran

Authors

  • Ayu Lestari Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung dengan Prodi PMI, Universitas Islam Negeri Lampung
  • Jasmadi Jasmadi Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung dengan Prodi PMI, Universitas Islam Negeri Lampung
  • Fauzi Fauzi Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung dengan Prodi PMI, Universitas Islam Negeri Lampung
  • Fitri Yanti Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung dengan Prodi PMI, Universitas Islam Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1384

Abstract

Pemberdayaan merupakan usaha untuk membantu masyarakat agar dapat menolong diri mereka sendiri atau usaha untuk memimpin masyarakat agar belajar memimpin diri mereka sendiri. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan ekonomi dalam meningkatkan produktivitas kelompok tani makmur di Desa Paya sekaligus melihat peningkatan produktivitas dengan adanya badan penyuluh pertanian dan juga hal-hal yang menjadi faktor pendukung dalam proses pemberdayaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif Kualitatif peneliti akan memaparkan atau menjelaskan hal-hal yang diteliti sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Melalui pendekatan ilmu kesejahteraan sosial ditunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat di masyarakat desa dinilai cukup efektif dalam meningkatkan kesejahteraan. Hasil kegiatan diketahui bahwa pemberdayaan yang dilakukan kelompok tani ialah melalui budidaya kakao dan pembibitan yang telah dilakukan puluhan tahun yang lalu. Selain itu, diketahui juga faktor pendukung nya bahwa masyarakat di Desa Paya berpartisipasi aktif dalam seluruh kegiatan yang diarahkan penyuluh pertanian. Baik itu kelas belajar dan praktik lapangannya

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Lestari, A., Jasmadi, J., Fauzi, F., & Yanti, F. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Dalam Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Di Desa Paya Kecamatan Padang Cermin Kabu-paten Pesawaran. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 1040–1046. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1384