Tantangan dan Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Era Digital pada MA Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.140Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus untuk mensosialisasikan dan memberikan ilmu dan wawasan bagi para guru Madrasah Aliyah (MA) Muhajirin Tugumulyo Musi Rawa tentang bagaimana mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperluas informasi pendidikan dan pandangan tentang tantangan dan strategi pembelajaran kurikulum merdeka belajar di era digital. Permasalahan yang dihadapi madrasah terkait dengan pengetahuan tentang rencana pembelajaran kurikulum merdeka belajar, karena masih banyak pendidik yang belum mengetahui atau belum menerapkan kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, tim pengabdi melakukan pengenalan sekaligus sosialisasi kepada para pendidik Madrasah Aliyah (MA) Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para pendidik dapat memanfaatkan dari pelatihan dengan narasumber sesuai kemampuannya dan menawarkan solusi yang efektif untuk tantangan dan strategi pembelajaran kurikulum pembelajaran merdeka belajar di era digital di Kecamatan Tugumulyo, Musi Rawas. Hal ini tercermin dari jawaban mereka terhadap kuesioner yang dibagikan dengan jawaban baik dan tidak ada jawaban negatif. Sehingga hasil dari apa yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini menghasilkan sesuatu yang positif. Tim pengabdi juga mendapat manfaat dari sesi pelatihan dengan individu-individu cerdas yang disesuaikan dengan keahlian mereka dan dapat secara positif memengaruhi tantangan dan strategi pembelajaran dari rencana pembelajaran mandiri di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Saipul Annur, Wulan Oktarina, Ellen Okta Divy, Benny Wachyudianta, Citra Lestari, Irham Khumaidi, Lisa Hepriyanti, Serli Widya Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).