Pemanfaatan Konten Dalam Upaya Memasarkan Produk Dan Jasa

Authors

  • Ni Nyoman Wulan Antari ITB STIKOM BALI
  • Putu Widiadnyana ITB STIKOM BALI
  • Putu Diah Kurnia Pramadewi Putra ITB STIKOM BALI
  • A.A. Ayu Meitridwiastiti ITB STIKOM BALI
  • Agung Kusuma Atmaja ITB STIKOM BALI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1401

Abstract

Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat merupakan upaya peningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat untuk dapat berkembang secara mandiri baik dalam ekonomi, sosial dan budaya. Salah satu kalangan warga pendatang dari daerah Indonesia Timur yang telah berdomisili serta berkeluarga di Bali, khususnya di wilayah Denpasar memiliki organisasi atau Ikatan Keluarga Besar yang bernama Ofalangga Bali. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua dan anggota dari Ofalangga Bali, disampaikan bahwa dalam memenuhi kebutuhan ekonomi selama pandemi maka berwirausaha merupakan salah satu pilihan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Selama pandemi, anggota dari Ofalangga Bali yang terdiri dari ibu-ibu dan muda-mudi mencoba berwirausaha yang akhirnya memiliki 20 usaha yang telah berjalan sampai saat ini. Sebanyak 17 usaha kuliner (makanan dan minuman) dan 3 usaha salon. Setelah pandemi berakhir, usaha yang sudah dimiliki memiliki kendala dalam pengembangannya. Program pengabdian masyarakat ini telah memberikan solusi yaitu memberikan kiat-kiat pengembangan usaha yang telah dimiliki oleh anggota dari Ofalangga Bali. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan cara penyuluhan dan substitusi iptek. Tujuan untuk membantu mitra dalam peningkatan jangkauan pasar serta keuntungan lebih tinggi. Hal yang telah dilakukan adalah pembuatan sosial media guna membantu pemasaran usaha mitra. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melibatkan dosen dan mahasiswa dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kebutuhan lapangan. Hasil pengabdian ini adalah dapat dilihat dari terpenuhinya capaian kegiatan diatas 50% sesuai dengan rancangan indikator awal yang diharapkan oleh tim pengabdian masyarakat. Untuk mendukung manajemen pemasaran tim pengabdian masyarakat telah memberikan manajemen pemasaran yang baik dan pembuatan media sosial agar mitra lebih dikenal sehingga menambah keuntungan yang didapatkan oleh mitra.

Downloads

Published

2024-08-25

How to Cite

Antari, . N. N. W. ., Widiadnyana, P. ., Putra, P. D. K. P., Meitridwiastiti, A. A. ., & Atmaja, A. K. . (2024). Pemanfaatan Konten Dalam Upaya Memasarkan Produk Dan Jasa. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 997–1006. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1401