Pembuatan Media Pembelajaran Matematika dan Sains Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Guru SD

Authors

  • Waode Ekadayanti Universitas Sulawesi Tenggara
  • Chairan Zibar L. Parisu Universitas Sulawesi Tenggara
  • Noer Rakhmat Yanti Universitas Sulawesi Tenggara
  • La Sisi Universitas Sulawesi Tenggara
  • Erwin Eka Saputra Universitas Sulawesi Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasi digital dan kompetensi profesional guru SD Negeri 10 Laeya dalam menggunakan aplikasi Canva untuk pembelajaran matematika dan sains. Masalah utama yang dihadapi adalah minimnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, yang berdampak pada kurangnya kreativitas dan inovasi dalam mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah workshop yang melibatkan pelatihan dan pendampingan secara bertahap kepada guru-guru SD Negeri 10 Laeya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis Canva, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Keberhasilan ini diindikasikan oleh meningkatnya partisipasi aktif guru dalam menciptakan media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Rekomendasi untuk pelaksanaan kegiatan serupa di masa depan mencakup variasi tema pelatihan dan peningkatan jumlah peserta, termasuk guru dari jenjang pendidikan lainnya seperti SMP dan SMA.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Ekadayanti, . W. ., Parisu, C. Z. L. ., Yanti, N. R. ., Sisi , . L. ., & Saputra, E. E. . (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Matematika dan Sains Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Guru SD. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 1007–1015. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1415