Pendampingan Instrumen Akreditasi Sekolah Dasar di Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i1.157Abstract
Pengabdian ini akan dilaksanakan di SDN 001 Empat Balai kecamatan Kuok. SDN 001 merupakan SDN yang sudah terakreditasi A dan menjadi Sekolah Ramah Anak. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan sebelum pelaksanaan pengabdian, SDN 001 Empat Balai akan melaksanakan akreditasi dan harus segera mengisi SISPENA S/M untuk pengajuan akreditasi. Pelaksanaan akreditasi tahun ini menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020, namun guru-guru dan kepala sekolah belum terlalu memahami mengenai pengisian IASP 2020. Hal ini terjadi karena selama ini pelatihan IASP 2020 yang diberikan pemerintah hanya melalui zoom meeting, selain itu kepala sekolah baru diangkat menjadi kepala sekolah pada Bulan April 2022. Permasalahan yang dihadapi guru-guru dan kepala sekolah SDN 001 Empat Balai terkait IASP 2020 adalah (1) belum memahami secara penuh tentang perubahan Instrumen akreditasi IASP 2020; (2) belum memahami perbedaan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi akreditasi menggunakan IASP 2020; (3) belum memahami pengisian IASP 2020. Solusi yang ditawarkan kepada SDN 001 Empat Balai terkait instrument akreditasi IASP 2020 adalah dengan pelatihan dan pendampingan melalui pendekatakan In House Training (IHT) selama 6 bulan mengenai butir-butir IASP dan lampiran IASP yang perlu diisi dalam SISPENA S/M. Berkat pelatihan dan pendapingan ini SDN 001 Empat Balai sudah berhasil mengisi instrument akreditasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Febrina Dafit, Rices Jatra, Zaka Hadikusuma Ramadan, Fitriyeni Fitriyeni, Laili Rahmi, Latif Latif, Putri Octa Hadiyanti, Muhammad Nukman, Dea Mustika, Syahriadi Syahriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).