Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Articulate Storyline bagi Guru SD 1 Kaliwungu

Authors

  • Diana Ermawati Muria Kudus University
  • Lovika Ardana Riswari Muria Kudus University
  • Ika Ari Pratiwi Muria Kudus University
  • Luthfa Nugraheni Muria Kudus University
  • Richma Hidayati Muria Kudus University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1576

Abstract

Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran terletak pada keterampilan guru dalam mengolah dan menerapkan bahan ajar maupun media pembelajaran sesuai karakteristik siswa. Articulate Storyline merupakan salah satu aplikasi pembuat media pembelajaran digital yang interaktif, memiliki banyak fitur, dan mudah digunakan. Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran matematika interaktif berbasis Articulate Storyline dapat memberikan ilmu baru dan menambah keterampilan guru dalam menciptakan media pembelajaran digital yang interaktif. Pengabdian ini dilaksanakan di SD 1 Kaliwungu pada bulan September sampai Oktober 2023. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis Articulate Storyline. Metode digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pembelajaran partisipan aktif dengan langkah (1) Sosialiasi; (2) Pelatihan dan Pendampingan; (3) Penerapan; (4) Evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan, kompetensi, dan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran matematika interaktif berbasis Articulate Storyline.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Ermawati, D., Riswari, L. A., Pratiwi, I. A., Nugraheni, L. ., & Hidayati, R. . (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Articulate Storyline bagi Guru SD 1 Kaliwungu. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 700–707. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1576