Digitalisasi Pasar Desa (DIPASAR) Berbasis Web Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Di Desa Bojongsari Kab. Bandung

Authors

  • Siti Nur Universitas Islam Nusantara
  • Ricky Roseptry Universitas Islam Nusantara
  • Yenni Fatman Universitas Islam Nusantara
  • Jihan Dzakiyyah Azhari Universitas Islam Nusantara
  • Muhammad Luthfi Ramadhan Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1651

Abstract

Upaya pemberdayaan ekonomi di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, yang memiliki potensi besar namun terhambat oleh manajemen usaha yang lemah dan pasar konvensional yang tidak terintegrasi dengan teknologi. Dengan populasi 18.342 jiwa, mayoritas penduduk berada dalam usia produktif dan memiliki pendidikan yang memadai, tetapi menghadapi tantangan dalam pengelolaan usaha yang efisien. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manajemen usaha dan menerapkan sistem digitalisasi dalam pengelolaan usaha berbasis web. Kegiatan ini sejalan dengan program MBKM dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Melalui pelatihan manajemen dan pengembangan aplikasi digital, diharapkan terjadi peningkatan kemampuan manajerial pelaku usaha dan integrasi teknologi dalam pemasaran. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama delapan bulan, diakhiri dengan evaluasi dan laporan akhir. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan publikasi ilmiah dan meningkatkan pengalaman mahasiswa yang terlibat.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Nur, S. ., Roseptry, R. ., Fatman, Y. ., Azhari, J. D. ., & Ramadhan, M. L. . (2024). Digitalisasi Pasar Desa (DIPASAR) Berbasis Web Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Di Desa Bojongsari Kab. Bandung . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 963–973. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1651