Pelatihan Penulisan Wacana Persuasif Otomatis Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.173Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton melalui pelatihan penulisan wacana persuasif otomatis. Kemampuan berbicara yang baik merupakan keterampilan penting dalam dunia profesi, terutama dalam bidang kesehatan seperti keperawatan. Namun, mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam mengorganisir ide dan merumuskan argumen yang persuasif dalam percakapan sehari-hari. Dalam pengabdian ini, kami menyajikan solusi berupa pelatihan menggunakan teknik penulisan wacana persuasif otomatis. Teknik ini sebagai media sumber referensi berbicara mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan merumuskan argumen, memilih kata-kata yang tepat, dan mengatur informasi dengan baik untuk memengaruhi pendengar. Dalam Pengabdian Masyarakat ini memiliki lima tahapan untuk metode yang telah diambil yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa dari 50 orang peserta mendapatkan nilai kemampuan berbicara mahasiswa meningkat dengan skor nilai rata-rata sebelum pelatihan= 65 dan skor rata-rata setelah pelatihan=82, dengan kenaikan nilai 26.15%. Kemampuan ini membekali mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan profesional keperawatan. Selanjutnya, harapan besar dari pengabdian ini juga akan memberikan manfaat jangka panjang bagi mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton, membantu mereka menjadi komunikator yang lebih percaya diri dan efektif dalam praktik keperawatan mereka di masa depan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arsad, Rahmad Ramadhan, Zidan Lariyos
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).