Pelatihan Penulisan Wacana Persuasif Otomatis Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton

Authors

  • Arsad Arsad Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rahmad Ramadhan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Zidan Lariyos Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.173

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton melalui pelatihan penulisan wacana persuasif otomatis. Kemampuan berbicara yang baik merupakan keterampilan penting dalam dunia profesi, terutama dalam bidang kesehatan seperti keperawatan. Namun, mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam mengorganisir ide dan merumuskan argumen yang persuasif dalam percakapan sehari-hari. Dalam pengabdian ini, kami menyajikan solusi berupa pelatihan menggunakan teknik penulisan wacana persuasif otomatis. Teknik ini sebagai media sumber referensi berbicara mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan merumuskan argumen, memilih kata-kata yang tepat, dan mengatur informasi dengan baik untuk memengaruhi pendengar. Dalam Pengabdian Masyarakat ini memiliki lima tahapan untuk metode yang telah diambil yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa dari 50 orang peserta mendapatkan nilai kemampuan berbicara mahasiswa meningkat dengan skor nilai rata-rata sebelum pelatihan= 65 dan skor rata-rata setelah pelatihan=82, dengan kenaikan nilai 26.15%. Kemampuan ini membekali mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan profesional keperawatan. Selanjutnya, harapan besar dari pengabdian ini juga akan memberikan manfaat jangka panjang bagi mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton, membantu mereka menjadi komunikator yang lebih percaya diri dan efektif dalam praktik keperawatan mereka di masa depan.

Downloads

Published

2023-08-17

How to Cite

Arsad, . A., Ramadhan, R. ., & Lariyos, . Z. . (2023). Pelatihan Penulisan Wacana Persuasif Otomatis Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton . Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 161–121. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.173