Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Menghadapai Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.196Abstract
Pengabdian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hakikat, prinsip, dan peran pendidikan karakter menghadapi era society 5.0. Metode penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa interaksi sosial dan budaya masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan era society 5.0. dalam konteks ini, pendidikan berperan untuk melestarikan nilai-nilai sosial budaya masyarakat dari imbas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama penggunaan media digital yang menyebabkan dunia tanpa batas bagi masyarakat. Implikasinya adalah sistem sosial dan budaya dapat saling berinteraksi dan saling melestarikan, khususunya nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat melalui pendidikan di era society 5.0. Kemajuan teknologi yang berkembang pesat guru dan seluruh elemen masyarakat memiliki tanggungjawab yabg besar dalam memberikan Pendidikan dan memfilter sikap dan tingkahlaku yang sesuai di masa mendatang. Penguatan Pendidikan karakter merupakan tanggungjawab kita semua untuk mengembangkan karakter yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kamarudin Kamarudin, Irwan Irwan, Fitriani B, Suardin Suardin, Suarti Suarti, Gawise Gawise, Jufri Agus, Dina Sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).