Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Edukasi Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Dini
Abstract
Pengoptimalan daya pikir anak tentunya juga didukung oleh asupan gizi yang diserap oleh tubuh dan otak anak. Anak dengan gizi yang baik dan seimbang tentunya mengalami tumbuh kembang yang baik pula, namun kenyataannya banyak para orang tua yang kurang memperhatikan dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Kebanyakan orang tua hanya memperhatikan anak mau makan tanpa memahami apakah asupan gizi sudah terpenuhi dengan baik atau belum dalam makanan tersebut. Maka dari itu perlu dilakukan edukasi tentang gizi seimbang pada anak usia dini di masyarakat, khususnya di Kelurahan Nyapah yang menjadi salah satu mitra pengabdian kepada masyarakat. Sasarannya adalah para orang tua di kelurahan Nyapah agar memiliki pemahaman dan pengetahuan yang baik mengenai gizi seimbang untuk anak usia dini. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari dan diikuti 25 orang tua yang memiliki anak-anak usia dini. Peserta sangat antusias dan bersemangat menerima materi yang diberikan dan melakukan diskusi interaktif. Hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa ada peningkatan rata-rata pengetahuan orang tua dari 63,45 menjadi 75,13 setelah mengikuti edukasi gizi seimbang ini. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dikatakan berhasil. Para orang tua mulai menyadari pentingnya gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Gizi, Kesehatan, Pengetahuan Orang Tua.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diana Romdhoningsih, Sri Sukmawati, Mahpudoh Mahpudoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).