Sosialisasi Pencegahan Bullying melalui Media Zona Emosi di SD Negeri 60 Buton Desa Walompo Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2165Abstract
Bullying merupakan salah satu permasalahan serius yang sering terjadi di lingkungan sekolah di Indonesia dan memberikan dampak negatif bagi korban, pelaku, maupun lingkungan sekitar. Pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan, termasuk pendidikan berbasis karakter, namun efektivitasnya masih terbatas. Dalam rangka memberikan kontribusi nyata, kegiatan pengabdian ini dirancang untuk mencegah dan mengurangi bullying melalui pendekatan media Zona Emosi dan pemasangan poster "Stop Bullying". Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif untuk memberikan pemahaman teoretis, pengenalan media Zona Emosi untuk membantu siswa mengenali dan mengelola emosi mereka, serta pemasangan poster di ruang kelas sebagai pengingat visual. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 60 Buton pada November 2024 dengan melibatkan 28 siswa kelas V.
Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terkait bentuk, dampak, dan strategi pencegahan bullying. Penggunaan Zona Emosi membantu siswa lebih terbuka dalam mengungkapkan perasaan mereka, sementara pemasangan poster meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menghentikan perilaku bullying. Selain itu, terjadi perubahan positif dalam perilaku siswa, terutama dalam hal mendukung teman yang menjadi korban dan melaporkan kasus bullying. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan holistik melalui media Zona Emosi dan edukasi interaktif dapat menjadi langkah efektif untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, suportif, dan bebas dari bullying. Pendekatan ini juga memperkuat peran saksi aktif dalam mengurangi kejadian bullying di sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Ulfa, Kosilah Kosilah, Laode Muhammad Hasrul Adan, Sry Mayunita, Esti Rahayu, Lira Lira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).