Mengembangakan Branding Produk Strawberry Lokal: Membangun Identitas yang Kuat

Authors

  • Ida Nirwana Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Siska Yulia Defitri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Seflidiana Roza Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Wahyu Indah Mursalini Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Esi Sriyanti Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Afni Yeni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Rasidah Nasrah Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Arfimasri Arfimasri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Eka Hendrayani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Mutia Susanti Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Yogi Pratama Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petani strawberry lokal di Landia Farm, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dalam membangun branding produk yang kuat guna meningkatkan daya saing di pasar lokal maupun global. Melalui pendekatan partisipatif berbasis masyarakat, kegiatan ini melibatkan pelatihan, praktik, dan pendampingan intensif terkait strategi branding, desain kemasan, diversifikasi produk, dan pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mampu meningkatkan pemahaman tentang pentingnya branding, menghasilkan desain kemasan yang menarik, dan mengoptimalkan media sosial untuk promosi. Implementasi strategi branding yang diajarkan terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan, pendapatan, dan nilai tambah produk strawberry lokal. Selain dampak ekonomi, kegiatan ini juga meningkatkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri peserta dalam memasarkan produk mereka. Keberhasilan PKM ini menegaskan pentingnya penguatan branding produk lokal sebagai strategi untuk mendukung perekonomian lokal dan membangun kemandirian komunitas, yang dapat dijadikan model bagi pengembangan masyarakat di daerah lain.

Downloads

Published

2025-02-17

How to Cite

Nirwana, I. ., Defitri, S. Y., Roza, S. ., Wahyu Indah Mursalini, Sriyanti, E. ., Yeni, A. ., Nasrah, R. ., Arfimasri, A., Nurhayati, N., Hendrayani, E. ., Susanti, M. ., & Pratama, Y. . (2025). Mengembangakan Branding Produk Strawberry Lokal: Membangun Identitas yang Kuat. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 809–813. Retrieved from http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/2172

Issue

Section

Articles