Pelatihan Instrumen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Guru SD 095136
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2180Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk melatihkan pendidik atau guru dalam menyusun instrument HOTS yang akan diujikan pada peserta didik dalam mengetahui tingkat kognitif peserta didik. Pengabdian ini dilakukan dengan mitra sekolah dasar yang dilakukan dengan dua tahapan yaitu dengan sosialisasi tentang instrument HOTS dan workshop tentang pembuatan instrumen HOTS. Kegiatan pengabdian menggunakan metode pendidikan, pelatihan, dan pendampingan. Subyek program pedampingan dan pelatihan ini adalah semua guru Sekolah Dasar 095136 Kab. Simalungun. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 2 dosen dari disiplin ilmu yaitu Pendidikan IPA dan dan Pendidikan Ekonomi dengan anggota mahasiswa 4 orang. Respon guru dalam penyusunan instrumen HOTS dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui hasil angket. Disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pengabdian ini guru terampil dalam menyusun instrument HOTS dengan jumlah instrument 4 soal untuk analisis, 4 soal pada evaluasi, dan 4 soal pada mencipta. Tingkat kepuasan guru dalam penyusunan instrument HOTS 87,28% dengan kriteria sangat baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asister Fernando Siagian, Anton Luvi Siahaan, Suryani Saragih, Carisya Putri Tarigan, Safitri Maretty Lumbanbatu, Herlina Tinambunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).