Perancangan E-Modul Menggunakan Canva Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII DI MTsN 9 Padang Pariaman

Authors

  • Chindy Rahmatul Insani Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek
  • Riri Okra Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek
  • Liza Efriyanti Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek
  • Sarwo Derta Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2194

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang didapatkan saat wawancara pada mata pelajaran Informatika di MTsN 9 Padang Pariaman yaitu guru belum menggunakan standar dari modul ajar kurikulum merdeka. Modul ajar masih digunakan dalam bentuk cetak sehingga proses pembelajaran monoton, peserta didik kurang memperoleh sumber belajar yang bervariasi dan guru belum memperbarui materi ajar dengan pendekatan yang lebih menarik dan inovatif. Berdasarkan latar belakang masalah diatas peneliti merancang E-Modul menggunakan Canva pada pelajaran informatika kelas VIII di MTsN 9 Padang Pariaman yang valid, praktis dan efektif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian R&D (Research and Development). R&D merupakan jenis metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan mengevaluasi keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model Thiagrajan. Model Thiagrajan ini dikenal dengan Model 4-D. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa E-modul pada mata pelajaran informatika yanggdihasilkan Valid,nPraktis, dannEfektif untuk digunakan. Dengannnilai validitas aspek rancangan  produk yang di validasi oleh 3 orang ahli  yaitu 0,91 dalammkriteria Valid.  Nilai Praktikalitassyaitu 0,85 dalam kategori Sangat Tinggi. Nilai Efektivitas yaitu 0,78 dalam kriteria Efektivitas Tinggi.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Insani, C. R. ., Okra, R., Efriyanti, L. ., & Derta, S. . (2025). Perancangan E-Modul Menggunakan Canva Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII DI MTsN 9 Padang Pariaman. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 378–386. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2194

Issue

Section

Articles