Pembentukan Karakter Moral Siswa Kelas 4 Melalui Implementasi Profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDN Lombang II

Authors

  • Andika Ufuk Rizkiyanto STKIP PGRI SUMENEP
  • Ali Armadi STKIP PGRI SUMENEP
  • Framz Hardiansyah STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2200

Abstract

Karakter siswa merupakan aspek fundamental dalam pendidikan dasar. Melalui pembelajaran, siswa tidak hanya menguasai pengetahuan akademik, tetapi juga menyerap nilai-nilai moral dan etika yang membentuk kepribadiannya. Kurikulum Merdeka menempatkan pendidikan karakter sebagai elemen utama, bukan sekadar pelengkap dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kontribusi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka terhadap pengembangan moral siswa kelas 4 di SDN Lombang II. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter di SDN Lombang II memberikan pengaruh positif terhadap penguatan moral dan etika siswa. Moral dan etika, yang keduanya berfokus pada kebaikan, menjadi aspek penting dalam pendidikan di sekolah tersebut. Peran guru sebagai teladan, melalui sikap disiplin, ketepatan waktu, dan perilaku sehari-hari, sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai seperti gotong royong, kemandirian, dan integritas pada siswa.

Downloads

Published

2025-01-26

How to Cite

Rizkiyanto, A. U. ., Armadi, A. ., & Hardiansyah, F. . (2025). Pembentukan Karakter Moral Siswa Kelas 4 Melalui Implementasi Profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDN Lombang II. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 264–276. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2200

Issue

Section

Articles