Penataan Ruang Kelas Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Juharmin Suruambo Universitas Muhammadiyah Buton
  • Juflyn Alim Universitas Muhammadiyah Buton
  • Yongky Indrawan as Muhammadiyah Buton
  • Safaat4 Safaat4 Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2205

Abstract

Ruang kelas merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran. Ruang kelas yang tidak tertata dengan baik akan menyebabkan rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat menurunkan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Penataan ruang kelas menjadi sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan penataan ruang kelas di SD Negeri 1 Bungi. Peneliti mendeskripsikan penataan ruang kelas yang dilakukan di ruang kelas dan perpustakaan. Hasil dari pelaksanaan penataan ruang kelas yaitu tertatanya ruang kelas I, II dan ruang perpustakaan. Penataan dilakukan dengan mengatur kembali letak meja dan kursi di dalam kelas serta membuat desain dinding dengan lebih menarik. Siswa menjadi lebih antusias dan nyaman untuk berada di dalam kelas

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Suruambo, J. ., Alim, J. ., Indrawan, Y. ., & Safaat4, S. (2025). Penataan Ruang Kelas Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 338–343. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2205

Issue

Section

Articles