Penataan Ruang Kelas Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2205Abstract
Ruang kelas merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran. Ruang kelas yang tidak tertata dengan baik akan menyebabkan rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat menurunkan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Penataan ruang kelas menjadi sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan penataan ruang kelas di SD Negeri 1 Bungi. Peneliti mendeskripsikan penataan ruang kelas yang dilakukan di ruang kelas dan perpustakaan. Hasil dari pelaksanaan penataan ruang kelas yaitu tertatanya ruang kelas I, II dan ruang perpustakaan. Penataan dilakukan dengan mengatur kembali letak meja dan kursi di dalam kelas serta membuat desain dinding dengan lebih menarik. Siswa menjadi lebih antusias dan nyaman untuk berada di dalam kelas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juharmin Suruambo, Juflyn Alim, Yongky Indrawan, Safaat
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).