Pelatihan Penggunaan Autograph Pada Materi Program Linier Di Mas Plus Al Ulum Medan

Authors

  • Hetty Elfina Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Dede Ibrahim Muthawali Universitas Sumatera Utara
  • Winanda Marito Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Rini Ramadhani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Rizka Fahruza Siregar Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nova Riani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2215

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang membosankan di kelas jika tidak menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Maka diperlukan suatu aplikasi pembelajaran yang mendukung siswa dalam belajar, salah satunya adalah aplikasi autograph. Autograph merupakan aplikasi khusus yang dikembangkan untuk pembelajaran matematika. Saat pelatihan berlangsung, siswa diberi kebebasan untuk mencoba berbagai sistem pertidaksamaan, mengamati gambar grafik, memperhatikan arah arsiran, dan bagaimana memperoleh titik potong yang terbentuk dari dua garis atau lebih. Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah metode praktik langsung dan pendampingan. Berdasarkan hasil tes setelah dilakukan pelatihan, diperoleh 82% siswa mampu menggunakan aplikasi autograph. Hasil angket diperoleh data 85,3% menyatakan bahwa pelatihan penggunaan aplikasi autograph sangat bagus untuk pembelajaran di kelas. Pelatihan ini memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam belajar matematika dan mempermudah siswa dalam memahami konsep materi yang diajarkan.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Elfina, H. ., Muthawali, D. I. ., Marito, W. ., Ramadhani, R. ., Siregar, R. F. ., & Riani, N. . (2025). Pelatihan Penggunaan Autograph Pada Materi Program Linier Di Mas Plus Al Ulum Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 438–443. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2215

Issue

Section

Articles