Pelatihan Penggunaan Autograph Pada Materi Program Linier Di Mas Plus Al Ulum Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2215Abstract
Matematika merupakan pelajaran yang membosankan di kelas jika tidak menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Maka diperlukan suatu aplikasi pembelajaran yang mendukung siswa dalam belajar, salah satunya adalah aplikasi autograph. Autograph merupakan aplikasi khusus yang dikembangkan untuk pembelajaran matematika. Saat pelatihan berlangsung, siswa diberi kebebasan untuk mencoba berbagai sistem pertidaksamaan, mengamati gambar grafik, memperhatikan arah arsiran, dan bagaimana memperoleh titik potong yang terbentuk dari dua garis atau lebih. Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah metode praktik langsung dan pendampingan. Berdasarkan hasil tes setelah dilakukan pelatihan, diperoleh 82% siswa mampu menggunakan aplikasi autograph. Hasil angket diperoleh data 85,3% menyatakan bahwa pelatihan penggunaan aplikasi autograph sangat bagus untuk pembelajaran di kelas. Pelatihan ini memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam belajar matematika dan mempermudah siswa dalam memahami konsep materi yang diajarkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hetty Elfina, Dede Ibrahim Muthawali, Winanda Marito, Rini Ramadhani, Rizka Fahruza Siregar, Nova Riani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).