Meningkatkan Kinerja Organisasi Melalui Service Excellence Dan Kepemimpinan Efektif: Hasil Seminar Pengabdian Masyarakat

Authors

  • Ajeng Andriani Hapsari Universitas Pradita
  • Ilham Arief STIKes Widya Dharma Husada
  • Muhamad Risal Tawil Politeknik Baubau
  • Yenny Wati Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Riesna Apramilda Universitas Ibnu Sina
  • Chitra Indah Sari UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Sitti Rachmi Misbah Poltekkes Kemenkes Kendari
  • Akhmad Ramli Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2226

Abstract

Kinerja organisasi merupakan aspek penting untuk dapat mempertahankan eksistensi dan unggul diantara para pesaing serta lingkungan bisnis yang bergerak dan berubah begitu cepat. Setiap organisasi berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja dan membangun tim kerja yang handal agar dapat memberikan kontribusi yang optimal terhadap program kerja, pencapaian target dan pada akhirnya berdampak pada kinerja dan daya saing organisasi. Kegiatan seminar pengabdian kepada masyarakat diawali dengan komunikasi antar dosen, komunikasi membahas urgensi dan isu terkini yang dianggap perlu untuk dibahas dalam seminar. Kesimpulan dari sesi seminar dengan topik peran service excellence dan kepemimpinan efektif terhadap kinerja organisasi menyimpulkan bahwa service excellence terbukti mampu meningkatkan kinerja organisasi, dengan terwujudnya pelayanan prima maka akan tercipta loyalitas pelanggan, loyalitas tersebut akan menjaga kelangsungan usaha organisasi. Kepemimpinan efektif dapat meningkatkan kinerja organisasi, dalam suatu organisasi kepemimpinan terjadi pada setiap level dan departemen, dengan adanya efektivitas kepemimpinan maka proses kerja dan pencapaian target kerja akan terlaksana dengan baik sehingga akan berdampak pada pencapaian target organisasi.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Hapsari, A. A., Arief, I. ., Tawil, M. R. ., Wati, Y. ., Apramilda, R. ., Sari, C. I. ., Misbah, S. R. ., & Ramli, A. . (2025). Meningkatkan Kinerja Organisasi Melalui Service Excellence Dan Kepemimpinan Efektif: Hasil Seminar Pengabdian Masyarakat. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 556–560. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2226

Issue

Section

Articles