Edukasi Konsep Kepemimpinan Islam dalam Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2024 Bagi Pemilih Pemula

Authors

  • MHD. Rafi Yahya Universitas Abdurrab
  • Rizal Effendi Putra Universitas Abdurrab
  • Budi Satria Universitas Abdurrab
  • Ilham Yuri Nanda Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2245

Abstract

Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) merupakan wujud nyata bahwa demokrasi masih berlaku pada sebuah organisasi atau negara. Di Indonesia Pemilihan diselenggarakan mulai dari tingkat kepala negara sampai kepada kepala desa. Kabupaten Kampar merupakan salah satu daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan umum untuk kepala daerah tahun 2024. Berdasarkan data KPU pemilihan umum untuk kepala daerah kali ini akan didominasi oleh generasi Z dan milenial sebagai pemilih dominan secara kuantiti. Bagi banyak generasi Z yang terdiri dari pemilih pemula dan swing votter yang sudah memiliki hak suara perlu dibekali dengan knowladge yang benar dalam konteks Pemilukada. Bagaimanapun kontribusi mereka akan memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil kontestasi ini. Namun, kurangnya edukasi politik di kalangan pemilih pemula menjadi tantangan besar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan edukasi konsep demokrasi dan kepemimpinan Islam pada siswa SMA Muhammadiyah Bangkinang, sehingga mereka dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas demokrasi. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, diskusi interaktif, dan pelatihan agen perubahan. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep demokrasi dan kepemimpinan Islam, serta partisipasi aktif mereka dalam mencegah praktik-praktik negatif dalam pemilu. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil menciptakan generasi muda yang lebih siap dan bertanggung jawab sebagai pemilih.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Yahya, M. R., Putra, R. E., Satria, B. ., & Nanda, I. Y. . (2024). Edukasi Konsep Kepemimpinan Islam dalam Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2024 Bagi Pemilih Pemula. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 723–728. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2245

Issue

Section

Articles