Pelatihan Menulis Teks Narasi melalui Media Foto Bertema Kehidupan Sosial Manusia Siswa SMA Nurul Ikhlas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2257Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi siswa di dalam menulis, khususnya menulis teks narasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMA Nurul Ikhlas Pondok Pesantren Nurul Ikhlas yang terletak di daerah Tanah Datar. Adapun peserta dari kegiatan pengabdian ini adalah sebanyak 20 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 7 orang siswa laki-laki. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam 4 tahapan, yaitu (1) pemberian materi dalam bentuk ceramah; (2) kegiatan pemilihan foto yang akan dijadikan sebagai media dalam kegiatan menulis; (3) kegiatan menulis teks narasi berdasarkan foto yang bertemakan kehidupan sosial manusia yang sudah dipilih; dan (4) kegiatan pameran hasil tulisan yang sudah dikerjakan oleh peserta pelatihan. Kegiatan pelatihan ini memberikan dampak yang signifikan kepada siswa terbukti dari hasil karya yang sudah dikerjakan oleh siswa tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ermi Rosmita, Cindi Adelia Putri Emas, Azlin Resiana, Idea Alvira, Basyarul Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).