Legal Education for the Community: Efforts to Raise Legal Awareness in Community D

Authors

  • Henny Saida Flora Unika Santo Thomas, Law Faculty
  • Jumra Jumra Andi Sudirman University
  • Mukhawas Rasyid Andi Sudirman University
  • Zulkham Sadat Zuwanda IPDN
  • Nurmi Sari Andi Sudirman University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2263

Abstract

Penelitian ini menggali peran penting pendidikan hukum masyarakat (PKM) dalam meningkatkan kesadaran hukum dan pemberdayaan di kalangan masyarakat yang terpinggirkan. Dengan menggunakan analisis kualitatif, artikel ini mengkaji tantangan dan peluang dalam menerapkan program PKM yang efektif, dengan mengacu pada literatur ilmiah terkini dan studi kasus. Studi ini menyoroti pentingnya pendekatan yang peka budaya, mudah diakses, dan partisipatif terhadap pendidikan hukum, yang menekankan potensi PKM untuk mempromosikan keadilan sosial dan memperkuat ketahanan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada Komunitas D, sebuah wilayah yang terisolasi secara geografis dan kurang beruntung secara ekonomi dengan proporsi populasi yang terpinggirkan yang tinggi. Data dikumpulkan melalui tinjauan dokumen, wawancara, dan kelompok fokus, yang dianalisis untuk mengidentifikasi tema dan wawasan utama mengenai efektivitas program PKM di Komunitas D. Temuan mengungkapkan kesenjangan yang signifikan dalam kesadaran hukum, tantangan dalam program yang ada, dan peluang untuk peningkatan melalui kemitraan komunitas, materi yang disesuaikan secara budaya, dan solusi berbasis teknologi. Artikel ini menyimpulkan dengan rekomendasi untuk meningkatkan pendanaan, membangun kapasitas di kalangan pendidik komunitas, dan memanfaatkan kemitraan strategis untuk memajukan pendidikan hukum masyarakat dan keadilan sosial

Downloads

Published

2025-02-11

How to Cite

Flora, . H. S. ., Jumra, J., Rasyid, M., Zuwanda, Z. S., & Sari, N. . (2025). Legal Education for the Community: Efforts to Raise Legal Awareness in Community D. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 706–716. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2263

Issue

Section

Articles