Legal Education for the Community: Efforts to Raise Legal Awareness in Community D
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2263Abstract
Penelitian ini menggali peran penting pendidikan hukum masyarakat (PKM) dalam meningkatkan kesadaran hukum dan pemberdayaan di kalangan masyarakat yang terpinggirkan. Dengan menggunakan analisis kualitatif, artikel ini mengkaji tantangan dan peluang dalam menerapkan program PKM yang efektif, dengan mengacu pada literatur ilmiah terkini dan studi kasus. Studi ini menyoroti pentingnya pendekatan yang peka budaya, mudah diakses, dan partisipatif terhadap pendidikan hukum, yang menekankan potensi PKM untuk mempromosikan keadilan sosial dan memperkuat ketahanan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada Komunitas D, sebuah wilayah yang terisolasi secara geografis dan kurang beruntung secara ekonomi dengan proporsi populasi yang terpinggirkan yang tinggi. Data dikumpulkan melalui tinjauan dokumen, wawancara, dan kelompok fokus, yang dianalisis untuk mengidentifikasi tema dan wawasan utama mengenai efektivitas program PKM di Komunitas D. Temuan mengungkapkan kesenjangan yang signifikan dalam kesadaran hukum, tantangan dalam program yang ada, dan peluang untuk peningkatan melalui kemitraan komunitas, materi yang disesuaikan secara budaya, dan solusi berbasis teknologi. Artikel ini menyimpulkan dengan rekomendasi untuk meningkatkan pendanaan, membangun kapasitas di kalangan pendidik komunitas, dan memanfaatkan kemitraan strategis untuk memajukan pendidikan hukum masyarakat dan keadilan sosial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Henny Saida Flora, Jumra, Mukhawas Rasyid, Zulkham Sadat Zuwanda, Nurmi Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).