Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Bagi Guru-guru di SMPN 4 Bantimurung Kabupaten Maros

Authors

  • Hamran Hamran STKIP Pembangunan Indonesia
  • Israwati Akib STKIP Pembangunan Indonesia
  • Sitti Marlina STKIP Pembangunan Indonesia
  • Khaerati Khaerati STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v1i2.25

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah.

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan ini yaitu menjadikan lingkungan sekolah sebagai pusat yang berbudaya literat bagi warganya melalui hasil karya peserta didik yang sistematis. Target khusus yang ingin dicapai melalui gerakan literasi sekolah (GLS) yaitu memberikan fungsi dalam pembelajaran sebagai wadah dan metode. Fungsi sebagai wadah; menjadikan literasi untuk membiasakan membaca dan menulis kepada peserta didik yang mengarah pada menghasilkan karya-karya peserta didik, meningkatkan efektivitas guru dan sekolah agar literat, menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah dalam mencapai pengetahuan peserta didik. Fungsi sebagai metode; berguna untuk melihat, membandingkan, dan mengamati keberhasilan belajar peserta didik. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini yaitu mencakup pada perspektif action research dengan manfaat yang ingin dicapai yakni perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran, maka kegiatan ini berpijak pada pendekatan tahapan GLS.

 

Author Biographies

Hamran Hamran, STKIP Pembangunan Indonesia

Pendidikan Ekonomi Fakultas P IPS

Sitti Marlina, STKIP Pembangunan Indonesia

Pendidikan Ekonomi

References

Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009) dalam buku A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: Guilford Press.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI.

Gipayana Muhana, (2004). Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari 2004, Jilid 11, Nomor 1. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Muliastrini, NKE,. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Prosiding Nasional, 35-45.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Minat Baca Melalui Kegiatan 15 Menit Membaca.

Prayoga, R.W., Heri Suwignyo, & Titik Harsiati. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Narasi Melalui Penerapan Progam Literasi Berbantuan Media Buku Cerita Anak pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (14) 11, 1498-1503.

Suragangga, Ngurah. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas”. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, (3) 2.

Wiedarti, P., Kisyani, L. (2016). Desain Induk GLS. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Hamran, H., Akib, I., Marlina, S., & Khaerati, K. (2021). Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Bagi Guru-guru di SMPN 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(2), 24–33. https://doi.org/10.31004/jh.v1i2.25