Urgensi Keterampilan Penyelesaian Masalah Bagi Remaja Di Panti Asuhan Aisyiah

Authors

  • Syaharuddin Syaharuddin Universitas Lambung Mangkurat
  • Herry Porda Putro Nugroho Universitas Lambung Mangkurat
  • Madinatul Munawarah Universitas Lambung Mangkurat
  • Wiwi Musriana Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmainah Rusmainah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v1i2.26

Keywords:

Keterampilan sosial, remaja, dan pemecahan masalah

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan IPS terkait pelatihan pemcahan masalah bagi remaja. Kegiatan ini didasari sebagai bentuk inisiasi kelurahan binaan yang digagas sebagai program pengabdian dosen maupun mahasiswa di Program Studi Pendidikan IPS. Pelaksanaan dilakukan dalam dua bentuk kegiatan, dengan esain pelaksanaan setengah hari (half day). Pelalaksanaan dipraktikkan pada 28 dan 29 Agustus 2021. Hasil kegiatan mendeskripsikan pembimbingan yang dapat melatih remaja untuk berpikir kreatif terhadap solusi yang dibuatnya sendiri. Pelatih memberikan lontaran permasalahan sosial terkait dinamika pembelajaran online. Remaja kemudian diajarkan untuk memecahkan masalah, tetapi juga dituntut untuk mencari alternatif solusi yang tidak terhingga. Satu solusi yang dilontarkan adalah munculnya satu pernyataan “memberikan pembimbingan berkala bagi peserta didik secara offline”. Jawaban ini sangat mengejutkan karena cukup banyak dari peserta yang masih berdiam diri. Namun, pengalaman yang dilalui lebih dari 1,5 tahun tentang pembelajaran online mampu mengintervensi untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kemampuan ini memberikan kemudahan bagi subjek untuk selalu membuat solusi cadangan bila solusi pertama gagal atau tidak mampu menyelesaikan masalah.

References

Abbas, E. W. (2020). Ersis Writing Theory: Cara Mudah Menulis.

Abbas, E. W. (2020). MANAGING INFORMATION SYSTEMS BY INTEGRATING INFORMATION SYSTEMS SUCCESS MODEL AND THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USAGE OF TECHNOLOGY. Polish Journal of Management Studies.

Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). SOCIAL VALUES IN ZAINAL ILMI BIOGRAPHY AS LEARNING SOURCE OF SOCIAL STUDIES. The 3rd ISSSHE International Seminar Sosial Studies & History Education "Promoting The 21st Century Skills in Social Studies". Bandung: UPI Press.

Abidin, Z. A. (2006). Metode Rehabilitasi Remaja Korban Narkoba. Tasikmalaya: PT Suryalaya.

Aisyah Siti, d. (2010). Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arif, M. (2015). Model pembelajaran konstruktivisme pada materi pengaruh perkembangan Iptek. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16 (1).

Branca, N. (1980). Problem Solving as a Goal, Process and Basic Skill. Dalam Krulik, S dan Reys, R.E (ed). Problem Solving in School Mathematics. Reston-Virginia: NCTM.

Kartono, K. (1992). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Norman, G. R. (1998). Problem?solving skills, solving problems and problem?based learning. Medical education, 22(4), 279-286.

Patnani, M. (2013). Upaya meningkatkan kemampuan problem solving pada mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 1(2), 130-142.

Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.

Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran ideal problem solving berbasis project based learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(1).

Santrock, J. (2012). Life-span development: perkembangan masa-hidup edisi ketigabelas jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Soekanto, S. (2004). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Subiyakto, B., Mutiani, M., Faisal, M., & Mutaqin, M. A. (2020). Social Interaction of Jukung Craftsmen in Pulau Sewangi, Alalak, Barito Kuala. The Innovation of Social Studies Journal, 1 (2), 102-110.

Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). NILAI-NILAI GOTONG ROYONG PADA TRADISI BAHAUL DALAM MASYARAKAT BANJAR DI DESA ANDHIKA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. Vidya Karya 31 (2).

Sudarsono. (1995). Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Wirawan, S. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Syaharuddin, S., Nugroho, H. P. P., Munawarah, M., Musriana, W., & Rusmainah, R. (2021). Urgensi Keterampilan Penyelesaian Masalah Bagi Remaja Di Panti Asuhan Aisyiah. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(2), 34–41. https://doi.org/10.31004/jh.v1i2.26